Ibu yang Punya Banyak Anak Justru Lebih Panjang Umur, Ini Alasannya

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 04 Mar 2019 14:15 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images

Jakarta - Punya banyak anak bukan hanya bisa melancarkan rezeki. Menurut riset, ibu yang memiliki beberapa keturunan juga terbukti lebih panjang usia. Meski bisa merepotkan, membesarkan anak-anak ternyata punya pengaruh terhadap kesehatan. Para pakar pun menemukan alasan yang cukup meyakinkan mengenai mengapa ibu banyak anak bisa hidup lama.

Ibu yang membesarkan lebih banyak anak lebih panjang umur. Hal tersebut sudah dibuktikan dengan sejumlah penelitian. Salah satunya yang dilakukan sekelompok peneliti di University of New South Wales. Ditemukan jika ketidakhadiran anak bisa meningkatkan risiko kematian hingga 17% pada para wanita. Sedangkan wanita yang punya tiga anak risiko kematiannya berkurang 20%.

Punya beberapa anak bisa jadi merepotkan. Sebagian orang mungkin mengira jika mereka akan cepat tua. Meski penelitian Simon Fraser University Kanada juga menunjukkan jika melahirkan justru bisa memperlambat proses penuaan. Profesor Pablo Nepomnaschy yang memimpin riset mengatakan jika ibu banyak anak memiliki tanda-tanda sel panjang umur.

Dilansir Brightside, Profesor Naplo dan tim terkejut dengan temukan tersebut. Mereka pun percaya jika kenaikan dramatis dari hormon estrogen pada ibu banyak anak adalah salah satu alasannya. "Fungsi estrogen sebagai antioksidan ampuh yang melindungi sel dari memendeknya telomere," ungkap Naplo.

Selain berhubungan dengan sel dan hormon, ada satu alasan yang dipercaya membuat para ibu panjang usia. Yakni karena mereka menerima banyak cinta dan dukungan dari teman dan keluarga. Hal tersebut membuat pengaruh terhadap kesehatan fisik dan emosional. Biasanya ibu yang punya banyak keterunan akan meminta bantuan dari orang-orang sekitar yang ternyata membawa dampak positif.

"Banyak dukungan membawa pada kenaikan jumlah energi metabolis yang bisa dialokasikan kepada pemeliharaan jaringan, dengan demikian melambatkan proses penuaan," kata Profesor Naplo.

Selain itu, penelitian lain membuktikan jika keluarga dengan empat atau lebih anak memiliki hidup yang lebih memuaskan. Hal tersebut dikarenakan anak-anak yang tidak pernah bosan karena selalu punya teman untuk bermain. Untuk itu, ibu pun semakin panjang usia.

(ami/ami)