Ragam Camilan yang Jadi Favorit Saat Movie Marathon

Tia Reisha - wolipop Rabu, 27 Feb 2019 13:52 WIB
Foto: shutterstock Foto: shutterstock

Jakarta - Menonton film atau drama masih menjadi favorit masyarakat Indonesia di waktu senggang. Bahkan, menonton pun bisa dilakukan tanpa jeda atau biasa disebut movie marathon. Nonton pun makin seru kalau ditemani dengan camilan atau snack kesukaan.

Dilansir dari seriouseats.com, ada beberapa snack yang bisa dibuat dengan mudah untuk dinikmati ketika movie marathon. Berikut rangkuman lengkapnya.

1. Matcha White Chocolate Popcorn

Popcorn rasa matcha dan white chocolate bisa dibuat sendiri dengan mudah di rumah. Pahitnya matcha berpadu dengan white chocolate pasti bisa memberi sensasi berbeda saat memakan popcorn.

2. Potato Chips

Potato chips atau keripik kentang merupakan salah satu snack yang paling digemari untuk movie marathon. Teksturnya yang renyah dengan rasa yang gurih membuatnya digemari banyak kalangan.

3. Smoky Candied Almond

Kacang almond yang dilapisi gula bisa memberikan rasa manis yang lebih terasa saat dimakan. Kacang almond juga bisa dilapisi dengan putih telur untuk memberikan lapisan seperti kulit yang renyah dan tipis.


Namun memakan snack pun perlu dibatasi agar tidak memberi efek buruk pada tubuh. Sebab jika dikonsumsi berlebihan, kandungan di dalamnya bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti berat badan naik drastis atau obesitas.

"Camilan menjadi tidak sehat apabila tidak dilakukan dengan tepat, misalnya dalam jumlah besar, tinggi karbohidrat, apalagi dengan penambahan gula ataupun garam berlebih karena bisa jadi menghasilkan kalori dua kali lipat dibandingkan makanan besar," ujar Medical Advisor Kalbe Nutritionals, dr. Ervina Hasti W kepada Wolipop, Rabu(27/2/2019).


Untuk itu, dr. Ervina menyarankan agar mengonsumsi camilan secukupnya di antara jam makan besar. Dengan begitu, perut akan terisi sehingga porsi makan besar pun bisa lebih terkontrol.

"Bila dilakukan untuk mengisi waktu luang misalnya selama nonton, biasanya tanpa sadar kita mengonsumsi dalam jumlah besar. Akibatnya bisa menyebabkan berat badan meningkat, bahkan mempengaruhi kesehatan bila dilakukan terus menerus," tegas dr. Ervina.

Selain itu, ia juga menyebut bahwa batasan MSG yang boleh terkandung dalam camilan adalah 30 mg per berat badan seperti rekomendasi dari U.S Food and Drug Administration (FDA). Batasan ini perlu dipatuhi agar tidak memberi dampak buruk pada kesehatan.

"Contoh cemilan yang sehat adalah makanan kaya serat seperti gandum, multigrain, dan buah-buahan. Hal ini disebabkan karena gandum utuh memiliki banyak manfaat baik bila dikonsumsi sebagai cemilan karena mengandung banyak serat dan membantu pencernaan. Juga dapat membantu menjaga berat badan karena membuat kenyang lebih lama," ucap dr. Ervina.

Agar bisa ngemil tanpa mengabaikan kesehatan, pilih Fitchips yang tidak mengandung micin atau MSG dan bebas pengawet, pewarna, dan pemanis buatan. Camilan ini dibuat dari multigrain sehingga bisa memberi rasa kenyang lebih lama dan juga menyehatkan. (mul/ega)