Hayo Ngaku! 10 Kebiasaan Jorok yang Pernah Dilakukan Hampir Setiap Orang

Nada Saffana - wolipop Senin, 28 Jan 2019 10:08 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Kebiasaan seperti mengupil, buang gas atau kencing saat mandi mungkin dianggap jorok bagi kebanyakan orang. Namun, hampir semua orang ternyata pernah melakukan kebiasaan-kebiasaan jorok tersebut.

Disadari atau tidak, 10 kebiasaan jorok ini mungkin pernah kamu lakukan secara diam-diam. Ini beberapa kebiasaan jorok yang paling umum dilakukan seperti dikutip dari Reader's Digest. Kamu pernah melakukan salah satu, dua atau bahkan semuanya? Hayo ngaku!

1. Mencium Celana Dalam yang Telah Dipakai

Hayo Ngaku! 10 Kebiasaan Jorok yang Pernah Dilakukan Hampir Setiap OrangFoto: iStock
Apakah Anda pernah mencium pakaian dalam yang pernah dikenakan untuk mengetahui apakah itu masih 'cukup bersih' untuk digunakan lagi? Survei terbaru dari Online Doctor menunjukkan lebih dari 1.500 orang Eropa dan Amerika pernah melakukannya. Hampir 31% wanita dan 44,3% pria mengakui kebiasaan tersebut. Satu hal yang lebih mengejutkan, survei menunjukkan bahwa sebagian besar orang bersedia memakai ulang celana dalam tanpa dicuci terlebih dahulu jika baunya 'normal'.

2. Tidur Tanpa Cuci Muka
Hayo Ngaku! 10 Kebiasaan Jorok yang Pernah Dilakukan Hampir Setiap OrangFoto: Thinkstock
Sebanyak 40,1% wanita dan 58,9% pria mengaku tidur tanpa mencuci muka setelah seharian beraktivitas. Hal itu tidak boleh ditiru, apalagi jika menggunakan riasan wajah. Makeup dapat menyumbat pori-pori dan membuat kulit cepat menua, merah-merah, timbul jerawat bahkan iritasi.

3. Mengendus Bau Kentut Sendiri
Hayo Ngaku! 10 Kebiasaan Jorok yang Pernah Dilakukan Hampir Setiap OrangFoto: Getty Images
Buang gas adalah fungsi yang normal dari tubuh manusia, begitu juga saat mencium bau kentut. Faktanya 94,1% wanita dan 92,7% pria mengaku puas ketika mencium bau kentut mereka sendiri.

Menurut AsapSCIENCE, orang mungkin lebih suka bau kentut mereka sendiri karena itu tertanam dalam jaringan biologisnya. Sama seperti sidik jari, setiap orang memiliki aroma gas yang khusus. Perut kita mengandung senyawa genetik yang unik bagi masing-masing orang, dan aroma bakteri pada sistem pencernaan menebarkan sesuatu yang 'akrab' bagi tubuh.

Sebaliknya ketika mengendus aroma kentut orang lain, Anda akan merasa jijik. Sebab, bau gas orang lain dianggap otak sebagai sesuatu yang berbahaya, sehingga tubuh membentuk mekanisme pertahanan untuk menghindar dari itu.

4. Mengendus Jari Setelah Menyentuh Alat Kelamin
Hayo Ngaku! 10 Kebiasaan Jorok yang Pernah Dilakukan Hampir Setiap OrangFoto: Aisyah/detikHealth
Apakah Anda suka melakukan hal tersebut? Sebagian besar ternyata iya. Survei menunjukkan ada 54,2% pria yang mencium jari mereka setelah menyentuh testis, dan 54,8% wanita mencium jari setelah menyentuh vagina. Kebiasaan ini merupakan respons tubuh mengetahui tingkat kebersihan area genital. Hal ini cukup beralasan, mengingat bau dapat menjadi indikator banyak hal tentang kesehatan alat kelamin.

5. Mengorek Upil yang Kering
Hayo Ngaku! 10 Kebiasaan Jorok yang Pernah Dilakukan Hampir Setiap OrangFoto: Thinkstock
Terkadang ingus atau upil yang kering tidak bisa keluar dengan sendirinya. Tidak ada cara lain untuk mengeluarkan ingus atau upil kering selain mengoreknya dengan jari.

Menurut penelitian, 97% wanita dan 95,3% pria melakukan hal itu. Lebih gilanya lagi, 30,1% wanita dan 33,8% pria mengaku pernah memakannya. Anehnya, penelitian ilmiah dari Harvard dan MIT (diterbitkan dalam jurnal American Society for Microbiology) telah mengungkapkan bahwa makan upil mungkin baik bagi kesehatan. Dipercaya bahwa bakteri baik yang terdapat pada upil bisa membantuk sistem kekebalan tubuh melawan infeksi.

6. Buang Air Kecil di Pancuran Air
Hayo Ngaku! 10 Kebiasaan Jorok yang Pernah Dilakukan Hampir Setiap OrangFoto: iStock
Setiap orang pernah melakukan hal ini setidaknya sekali, ketika mereka mandi di bawah pancuran. Hal itu biasanya dikarenakan posisi yang jauh dari kloset. Menurut survei Online Doctor, 93,6% wanita dan 91,3% pria mengaku sering buang air kecil di shower.

7. Mengelupas Sel Kulit Mati
Hayo Ngaku! 10 Kebiasaan Jorok yang Pernah Dilakukan Hampir Setiap OrangFoto: iStock

Jika Anda suka mengelupas kulit mati atau bekas luka, ketahuilah bahwa Anda tidak sendiri. Kebiasaan aneh ini digolongkan sebagai salah satu yang paling umum dilakukan. Sebanyak 96,3% wanita dan 93,3% pria mengaku pernah mengelupas sel kulit mati di wajah, tangan maupun kaki.

8. Mencium Ketiak
Hayo Ngaku! 10 Kebiasaan Jorok yang Pernah Dilakukan Hampir Setiap OrangFoto: thinkstock
Menurut survei hampir 96% wanita dan 93,9% pria mengendus ketiak mereka secara langsung untuk mengetahui baunya.

9. Memainkan Rambut Kemaluan
Hayo Ngaku! 10 Kebiasaan Jorok yang Pernah Dilakukan Hampir Setiap OrangFoto: thinkstock
Sebagian besar orang mungkin merasa jijik ketika mendengar istilah "rambut kemaluan", tapi ternyata tak sedikit yan justru malah memainkannya. Sebanyak 36% wanita dan 45,4% pria mengaku bahwa mereka bisa dengan santai memegang dan memainkan rambut kelamin, tanpa adanya dorongan seksual.

10. Memencet Jerawat
Hayo Ngaku! 10 Kebiasaan Jorok yang Pernah Dilakukan Hampir Setiap OrangFoto: Thinkstock
Memencet jerawat adalah hal yang memuaskan bagi sebagian besar orang. Menurut survei, 93,6% wanita dan 91,3% pria memencet jerawat mereka. Sementara itu dokter memperingatkan risiko luka, infeksi, dan bekas luka yang disebabkan oleh pemencetan jerawat. Jadi sebaiknya tinggalkan kebiasaan ini jika ingin punya wajah mulus dan sehat.
(hst/dtg)