Waspadai 10 Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Rusak yang Tak Kamu Duga

Nada Saffana - wolipop Sabtu, 19 Jan 2019 16:29 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Memiliki gigi yang sehat dapat membuat senyum menjadi lebih percaya diri. Merawat gigi sehat bukan hanya dengan menyikat gigi setiap hari, melainkan juga memilih makanan yang dikonsumsi.

Makanan dan minuman manis sudah tak diragukan lagi menjadi penyebab gigi rusak. Tapi ternyata masih banyak jenis makanan dan minuman lain penyebab gigi rusak yang mungkin tidak kamu duga, seperti dikutip dari Reader's Digest.

1. Popcorn

Suka makan popcorn bisa jadi penyebab gigi rusak. Foto: Istock

Suka makan popcorn sambil nonton film? Kini jangan jadikan itu sebagai kebiasaan. Seorang dokter gigi di New York, Jonathan Neman, DDS mengatakan, "Tak terhitung jumlah orang yang datang dengan gigi retak karena makan biji popcorn, belum lagi kulitnya. Kulit popcorn bisa menyempil di sela-sela gigi dan menyebabkan gusi juga menjadi sakit."

2. Es Kopi Manis
Es kopi manis bisa jadi penyebab gigi rusak. Foto: Pinterest

Secangkir kopi dengan tambahan pemanis juga dapat merusak gigi. "Paparan susu dan gula secara konstan selama satu jam atau lebih membuat saliva (air liur) sulit untuk melawan gula dan asam yang diproduksi oleh bakteri di mulut kita. Air liur adalah pelindung penting gigi kita, dan dengan mengonsumsi minuman manis, gigi diserang oleh gula, seiring waktu kelenjar ludah gagal untuk melindungi gigi," ujar dr. Neman.


3. Buah Kering
Buah kering bisa jadi penyebab gigi rusak. Foto: Thinkstock

Anda mungkin berasumsi bahwa buah-buahan kering adalah camilan yang sehat. Nyatanya banyak buah kering tinggi akan gula dan menempel di celah gigi dalam waktu lama, sehingga dapat merusak gigi.

"Gula tidak hanya terkonsentrasi, tetapi juga sangat lengket dan duduk di lekukan gigi Anda yang menyebabkan gigi berlubang," jelas Dr. Neman

4. Air Lemon Panas
Minum air lemon panas bisa jadi penyebab gigi rusak. Foto: iStock

Banyak orang menganggap air lemon panas baik untuk dikonsumsi pada pagi hari. Tapi ternyata minuman sehat ini bisa bermasalah bagi gigi.

Dokter gigi Raha Sepehrara mengatakan bahwa asam lemon dapat mengikis enamel gigi yang menyebabkan keausan pada enamel gigi.

"Paparan berulang-ulang dan sering dari minuman atau makanan asam dapat melarutkan enamel gigi, memperlihatkan lapisan dalam gigi yang disebut dentin, yang lebih kuning dari enamel dan juga sangat sensitif," jelas dr. Raha.



5. Es Batu
Kebiasaan mengunyah es batu bisa jadi penyebab gigi rusak. Foto: Istock

Jika Anda sering menggigit atau mengunyah bongkahan es batu, dokter gigi dr. Jon Marashi, mengatakan sebaiknya berhenti melakukan hal itu karena dapat merusak gigi.

"Es batu terlalu keras untuk enamel gigi dan menyebabkan fraktur pada gigi. Bahkan dapat merusak sepotong gigi Anda," katanya.

6. Minuman Berenergi
Minuman berenergi bisa jadi penyebab gigi rusak. Foto: iStock

Minuman berenergi kerap menjadi pilihan saat tubuh mulai lelah. Namun, perlu diperhatikan bahwa minuman berenergi juga dapat merusak gigi karena kandungan gulanya yang tinggi.

dr. Marisihi mengatakan, "Minuman berenergi sangat asam, dan memiliki pH rendah serta kadar gula tinggi. Saya telah melihat peningkatan jumlah pembusukan gigi di kalangan mahasiswa yang mengonsumsi ini secara berlebihan untuk begadang semalaman, baik belajar atau berpesta. Minuman ini melapisi semua gigi dan mempengaruhi semua gigi secara merata. Anda akan berakhir dengan mulut penuh lubang!"

7. Kismis Berlapis Cokelat
Cokelat kismis bisa jadi penyebab gigi rusak. Foto: iStock

Makanan yang dapat merusak gigi mungkin menjadi favorit banyak orang. Salah satunya cokelat isi kismis.

Kata Dr. Marashi, "Mengejutkan, tetapi cokelat saja tidak lebih berbahaya daripada kismis. Kandungan gula lebih tinggi dan kismis yang lengket bisa terjebak di gigi Anda. Cokelat itu hanya minyak tanah untuk api!"



8. Minuman Olahraga
Minuman olahraga bisa jadi penyebab gigi rusak. Foto: Istimewa

Saat berolahraga tubuh kehilangan cairan. Minuman olahraga ini sengaja dirancang untuk mengisi cairan yang hilang. Sama seperti minuman berenergi, minuman olahraga juga dapat merusak gigi jika dikonsumsi terlalu sering.

Pemilik Solstice Dental & Aesthetics di Louisville, Krysta Manning, DMD, MBA, mengatakan, "Minuman atletik diciptakan untuk menghidrasi dan mengisi kembali nutrisi dan elektrolit yang hilang. Namun, minuman kesehatan ini sering kali disertai dengan gula dalam dosis tinggi. Gula cair dapat menyebabkan gigi berlubang di tempat-tempat yang sulit dijangkau."

9. Gummy Bears
Permen gummy bears yang kenyal bisa jadi penyebab gigi rusak. Foto: Today

Selain lucu karena bentuknya, gummy bears juga memiliki rasa yang enak. Namun, teksturnya yang kenyal membuat permen ini merusak gigi.

Seorang dokter gigi kosmetik di Silicon Beach Dental dan juru bicara Hello "Naturally Friendly" Oral Care, Lawrence Fung, DDS, mengatakan, "Gummy bears mengerikan bagi gigi Anda karena menempel pada semua area gigi dan semakin lama permen kontak dengan gigi, semakin banyak asam yang dihasilkan oleh bakteri penyebab lubang."

10. Daging Barbeque
Terlalu sering makan daging barbeque jadi penyebab gigi rusak. Foto: Istimewa

Jika Anda ingin melakukan pesta barbeque, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu. Mungkin belum banyak orang tahu kalau daging barbeque dapa membuat gigi berlubang.

"Daging panggang, seperti iga, adalah beberapa makanan terburuk untuk gigi karena gula karamel yang digunakan dalam saus. Gigi berisiko mudah patah ketika memakan bagian-bagian daging yang karamelnya terlalu banyak, dan tambahan gula tidak pernah baik," jelas Frederick Baker, DDS.
(hst/hst)