Kahiyang Ayu dan Dongeng Tentang Body Shaming yang Menohok

Eny Kartikawati - wolipop Jumat, 20 Jul 2018 11:39 WIB
Kahiyang Ayu saat menjalani pemotretan kehamilan dengan Diera Bachir. Foto: Dok. Diera Bachir Photography Kahiyang Ayu saat menjalani pemotretan kehamilan dengan Diera Bachir. Foto: Dok. Diera Bachir Photography

Jakarta - Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, yang tengah hamil suka mendongeng pada janinnya. Tema dongengnya beda dari yang lainnya yaitu tentang body shaming.

Kahiyang Ayu memulai dongengnya dengan menyebut janinnya sebagai 'malaikat kecilku'. Dongengnya ini ditulis Kahiyang pada keterangan foto yang diunggahnya ke Instagram beberapa waktu lalu.

"Hai malaikat kecilku, ada dongeng lucu nih..

Jadi dipostingan ibu sblmnya, ibumu ini nulis "body karung beras".. eee habis itu ibumu dibully 😂😂 gara2 ngga bersyukur dikasih kmu HAHAHAHAHAHA.. ah netijen mah susah diajakin bercanda 😴😴

Pdhl jauh sblm ada kamu, body ibumu ini emang kayak karung beras 😂😂 saking padat merayapnya, komen diet pelangsing pun menyerang 😂😂

Dongengnya segini dlu yaa, nak.. nanti klo dongengnya kepanjangan, ibumu dikira baper lagi 😂😂 (pdhl mah kita disini cekikikan yaa, nak 😂😂)."





Demikian tulisan Kahiyang soal body shaming yang kerap diterimanya di internet. Dan anak kedua Presiden Jokowi itu bukan hanya sekali saja mendongeng pada anaknya dengan tema body shaming. Pada pekan kemarin saat mengunggah hasil pemotretan kehamilannya bersama fotografer Diera Bachir, Kahiyang kembali mendongeng soal tema serupa.

"Hai, anakku.. ada dongeng baru nih buat kamu..

Bsok klo kmu udah dewasa dan udah tau ttg sosmed, jangan jadi tukang nyinyir yaa.. buatmu se-sederhana itu sebenernya ucapanmu, tapi dampaknya ? Bisa jadi luar biasa buat yg kmu nyinyir.. tapi nanti klo orang nyinyir-in kmu, senyumin aja.. itung2 ngurangin dosamu, nak 😂😂."

Kahiyang Ayu bicara soal body shaming.Kahiyang Ayu bicara soal body shaming. Foto: Dok. Instagram Ayangkahiyang


Melalui Insta Story, Kahiyang Ayu juga kembali menyuarakan soal body shaming. Kali ini dia mengunggah cuplikan sebuah konten YouTube yang dihiasi komentar netizen melakukan body shaming pada seorang reporter televisi. "Reporter bagus....sygnya gembrot," tulis netizen tersebut.

Kahiyang menulis pada Insta Story bahwa dirinya dicurhati seorang reporter televisi yang kebetulan berteman dengannya. "Kenapa sihhh pd suka body shaming gituuuu," tulisnya lagi.

Istri dari Bobby Nasution itu pun kemudian menuliskan pesan kepada para netizen agar tidak mudah menggunakan jari-jarinya mengetik di keyboard ponsel ataupun laptop kata-kata yang menghina bentuk tubuh orang lain. "Nyinyiranmu yang sederhana itu ternyata bisa berdampak luar biasa ke yang bersangkutan," kata Kahiyang.

Body Shaming yaitu menghina atau mencela orang lain karena penampilan fisiknya kini semakin mudah ditemukan sejak adanya media sosial. Pengguna internet bisa dengan mudahnya mengomentari fisik orang lain yang tidak dikenalnya sekalipun.

Riset yang dilakukan oleh FitRated mengungkapkan body shaming ini bukan hanya dialami oleh wanita. Berdasarkan survei tersebut, 93% wanita dan 83% pria mengalami body shaming. Dan bagian tubuh yang paling sering dicela adalah perut dan kaki.

Simak Juga Dongen "Karung Beras" Kahiyang Ayu untuk Calon Baby:



Kahiyang Ayu dan Dongeng Tentang Body Shaming yang Menohok

(eny/eny)