Sikat Elektrik dan Manual, Mana yang Lebih Baik Membersihkan Plak Gigi?

Hestianingsih - wolipop Selasa, 01 Jul 2014 18:07 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta -

Sikat gigi elektrik umumnya dijual dengan harga lebih mahal ketimbang sikat gigi manual. Bantuan tenaga listrik dianggap membuat proses pembersihan gigi lebih maksimal dan total bersihnya. Namun di sisi lain, ada pula yang menilai sikat gigi elektrik bisa mengikis enamel gigi karena gosokannya yang terlalu keras.

Benarkah sikat gigi elektrik lebih efektif daripada sikat gigi manual, atau justru berpotensi merusak gigi? Menurut ahli kesehatan gigi, penggunaan sikat elektrik maupun manual sebenarnya sama-sama efektif dalam membersihkan gigi asalkan dilakukan dengan teknik menyikat yang tepat.

"Jika seseorang bisa menyikat gigi dengan cara yang tepat dengan sikat manual dan tidak ada masalah dengan plak yang menumpuk, maka tidak perlu menggantinya dengan sikat elektrik," jelas Ketua Australian Dental Association Dr Peter Alldritt, seperti dikutip dari ABC Australia.

Tujuan utama dari menyikat dan flossing gigi adalah untuk menyingkirkan plak, yang merupakan sarang dari bakteri penyebab gigi berlubang atau rapuh. Dr Peter menjelaskan, teknik yang benar adalah menyikat gigi hingga mendekati area gusi agar plak dan kotoran yang bersembunyi di garis antara email gigi dan gusi bisa disingkirkan.

Hindari menyikat gigi hingga gusi dan usahakan tidak terlalu keras menekannya karena bisa merusak enamel gigi maupun gusi. Gerakan menyikat juga perlu diperhatikan. Sikatlah gigi dengan gerakan memutar, bukan lurus ke depan dan belakang karena akan ada permukaan yang terlewatkan.

Lalu kenapa sikat gigi elektrik diciptakan jika dengan sikat manual saja sudah cukup? Menurut Dr Peter, beberapa orang ada yang tidak mengetahui sekeras apa tekanan yang harus diberikan saat menyikat gigi. Kebanyakan memberikan tekanan yang terlalu kuat sehingga gusi jadi lecet dan berdarah. Pada saat itulah sikat gigi elektrik bisa lebih bermanfaat.

Bagi mereka yang kesulitan memakai sikat manual, sikat elektrik bisa membantu menyikat gigi lebih mudah dan dengan tekanan yang pas. Tidak terlalu ringan juga tidak terlalu kuat. Sikat gigi elektrik pun awalnya diciptakan untuk digunakan anak kecil. Gagang sikat yang lucu dan bisa mengeluarkan musik saat digunakan bisa membuat anak lebih semangat menyikat gigi.

Namun belakangan sikat gigi elektrik juga digunakan oleh orang-orang dengan kondisi fisik yang kurang memadai. Misalnya pasien penderita radang sendi, merasa lebih mudah menyikat gigi jika memakai sikat elektrik.

"Mereka cukup memegang sikat tanpa harus menggerakkan tangannya seaktif sikat manual, dan sikat gigi elektrik akan bekerja dengan sendirinya," ujar Dr Peter.

Selain itu, tidak ada kelebihan lain yang ditawarkan sikat gigi elektrik dibandingkan manual. Jadi apabila Anda sudah tahu cara menyikat yang tepat, maka tidak perlu buang-buang uang lebih mahal untuk menggantinya dengan sikat elektrik.

(hst/fer)