Duh! 6 Makanan Ini Tinggi Kandungan Garam yang Sebabkan Hipertensi

- wolipop Kamis, 13 Des 2012 10:00 WIB
Dok. Thinkstock Dok. Thinkstock

Jakarta - Garam. Siapa yang tidak tahu bumbu dapur yang satu ini? Selain dikenal sebagi bahan penyedap masakan, garam juga berfungsi sebagai pengawet makanan alami. Namun sayangnya, terlalu 'akrab' dengan garam dapat membuat kesehatan Anda terganggu. Begitu pula sebaliknya, kurang mengonsumsinya juga dapat menimbulkan penyakit, misalnya pembesaran kelenjar thyroid.

Seperti yang dilansir oleh Times of India, Asosiasi Penyakit Jantung Amerika telah mengungkapkan enam jenis makanan dengan kandungan garam tinggi yang banyak ditemui dalam kehidupan sehari. Bahkan hampir setiap orang mengonsumsi makanan ini sehari-hari. Anehnya, makanan ringan seperti keripik justru tidak termasuk di dalamnya.

Garam dapur memiliki nama lain Natrium Klorida. Dalam jumlah yang tepat, sebenarnya unsur natrium sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena dapat 'menukar' zat dari sisa makanan lama dengan yang baru. Kadar natrium di dalam sel itulah yang akan mengatur lancar tidaknya pertukaran sisa makanan di dalam tubuh.

Dr Linda Van Horn, seorang ahli gizi penelitian di Northwestern University mengatakan bahwa kelebihan natrium dalam makanan seringkali tidak disadari konsumen. Itu karena garam sudah tidak lagi berbentuk butiran putih. Melainkan sudah menyatu dengan bahan-bahan pembentuk makanan dan apa yang sudah ada di makanan tersebut.

"Rata-rata individu mengonsumsi jumlah garam dua kali lipat dari yang seharusnya mereka butuhkan, tetapi ada beberapa cara untuk mengendalikan asupannya," jelas Dr Linda.

Sebuah pedoman makanan di Amerika menyarankan untuk mengasup tidak lebih dari 2 gram atau setengah sendok teh garam setiap hari. Sementara American Health Asociation (AHA) menyarankan jumlah yang lebih rendah, yaitu 1,5 gram.

Namun, survei terbaru dari AHA menemukan bahwa kebanyakan orang rata-rata mengonsumsi sekitar 3,4 gram garam setiap hari. Sebagian besar diperoleh dari makanan olahan dan restoran.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan kelebihan mengonsumsi garam berpotensi meningkatkan tekanan darah, sehingga meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung. Apa saja enam makanan dengan kadar garam tinggi, namun banyak orang tak menduganya?

1. Roti Gulung Isi
Sepotong roti memiliki sebanyak 230 mg sodium. Tubuh Anda akan mengasup tambahan garam dengan cepat setiap kali mengonsumsinya.

2. Daging asap
Daging asap memiliki banyak kandungan natrium, sekitar 1,1 gram per sajian.

3. Pizza
Satu potongan pizza memiliki hingga 760 mg sodium. Bukan pilihan yang baik bila Anda ingin kurangi konsumsi garam.

4. Nugget
Daging ayam yang dilapisi tepung roti atau chicken nugget mengandung sekitar 600 mg garam, sedangkan ayam mentah yang dikemas sering mengandung tambahan natrium.

5. Sup Krim
Semangkuk sup krim hangat mengandung sekitar 940 mg sodium.

6. Sandwich
Menggabungkan roti dengan daging asap dan keju up tingkat natrium dalam sandwich, terutama jika garam-berat bumbu seperti mustard dan kecap ditambahkan.




(hst/rma)