Liputan Khusus

Survei: 47% Wanita Andalkan Diet Karbo Untuk Turun Berat Badan

- wolipop Jumat, 12 Okt 2012 07:52 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Tidak sedikit orang yang mengandalkan diet rendah karbohidrat (diet karbo) sebagai solusi untuk menurunkan berat badan mereka. Diet ini membuat pelakunya menghindari segala jenis makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, roti, dan sebagainya.

Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Wolipop secara online, Kamis (11/10/2012), terdapat tujuh cara yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia khususnya wanita, demi menurunkan berat badan. Mereka adalah diet, akupuntur, olahraga, food combining, puasa, menghindari makan malam, bahkan ada juga yang minum obat pelangsing.

Dari data yang didapat, ternyata diet karbo yang paling banyak dilakukan oleh wanita. Sekitar 47% partisipan pernah melakukan diet karbo untuk menurunkan berat badan mereka.

"Diet karbohidrat tinggi protein," tulis salah satu responden melalui akun Twitter pribadinya kepada Wolipop. Hal yang serupa juga pernah dilakukan oleh Salsa (bukan nama sebenarnya). Namun ia menambahkan olahraga agar usahanya untuk menurunkan berat badan bisa sukses. "Dari mulai ngegym, diet karbo, hingga mengurangi ngemil juga," ungkapnya.

Diet karbo memang cukup popular, karena si pelaku diet bisa melihat hasilnya secara instan. Berat badan bisa turun hingga 4,5 kg - 9 kg hanya dalam kurun waktu 2 minggu. Namun ternyata, banyak juga wanita yang tidak sabar ingin menurunkan berat badannya dengan cara mengonsumsi pil pelangsing.

Dari 153 responden, tercatat bahwa 21% wanita mengaku pernah minum obat atau pil pelangsing untuk bisa menurunkan berat badannya. Akan tetapi, sebagian dari mereka ada yang tidak melanjutkan untuk terus mengonsumsinya dikarenakan takut memberikan efek buruk pada ginjalnya.

"Pernah nyobain minum pil pelangsing, tapi nggak lama. Takut efeknya ke ginjal," jelas Yesi (bukan nama sebenarnya). Rani, salah satu responden lainnya juga mengaku bahwa ia telah mengonsumsi obat pelangsing, "Minum obat diet dan pakai krim pelangsing," paparnya.

Namun ada juga 6,5% partisipan yang memilih untuk diet secara aman dengan cara berpuasa. Sedangkan 3,2% responden lainnya, mengaku sudah melakukan akupuntur untuk menurunkan berat badan. Sementara 9% responden yang lain, memilih untuk tidak makan malam. "Menghindari makan malam," tulis Hani (bukan nama sebenarnya) kepada akun Twitter Wolipop.

Ada juga partisipan lainnya yang juga berniat menurunkan berat badan dengan cara sehat, yaitu dengan berolahraga. Ada yang memilih aerobik, jogging, dan body language. "Kalau aku senam aerobik saja," ungkap Tika (bukan nama sebenarnya). Sedangkan 3,2% sisanya mengaku pernah melakukan food combining. "Saya pakai cara food combining," ujar Nova (bukan nama sebenarnya).


(rma/eny)