Ingin Ikut Tren Sustainable Fashion? Begini Tipsnya

Jihaan Khoirunnisaa - wolipop Selasa, 17 Agu 2021 13:50 WIB
Ilustrasi sustainable fashion Foto: Shutterstock
Jakarta -

Belakangan 'sustainable fashion' banyak disuarakan oleh masyarakat. Sustainable fashion adalah praktik fashion yang lebih bertanggung jawab serta mempertimbangkan dampak lingkungan.

Tak hanya desainer atau produsen baju, kamu sebagai konsumen juga bisa ikut menerapkannya demi keberlanjutan lingkungan dan membantu menjaga bumi. Simak tips untuk menerapkan sustainable fashion dalam kehidupan sehari-hari, dilansir dari Style Considered

Thrift Shopping

Alih-alih membeli baju baru, lebih baik memilih pakaian yang secondhanded. Kamu bisa coba hunting baju-baju bekas alias pre-loved yang kece di thrift shop. Meski berlabel 'bekas', namun produk yang ada memiliki kualitas yang masih terbilang baik, dan yang terpenting harganya 2 kali lebih terjangkau. Bahkan, kalau cukup beruntung, kamu bisa menemukan harta karun tersembunyi, lho, atau baju-baju dengan merek terkenal, baik lokal maupun dunia.

Pilih Bahan Ramah Lingkungan

Baju berbahan sintetis, seperti nilon dan spandex bisa memberikan dampak buruk bagi lingkungan. Maka dari itu penggunaan bahan eco-friendly bisa jadi solusi. Misalnya saja tencel. Kain tekstil kelas premium ini terbuat dari serat kayu yang dilestarikan dan diproduksi secara berkelanjutan. Selain itu, bahan tencel juga terbilang lembut dan nyaman, serta memiliki sifat antibakteri karena mudah menyerap kelembapan berlebih pada kain.

Jangan Terlalu Sering Cuci Baju

Mungkin akan terkesan jorok, namun sebetulnya baju tidak harus dicuci setiap kali dipakai. Terutama baju yang baru digunakan sebentar dalam keadaan tidak berkeringat. Tidak hanya menghemat listrik dan air, dengan tidak mencuci terlalu sering akan membuat baju lebih awet. Selain itu, kualitas baju juga akan tetap terjaga, dan warna pakaian tidak pudar.

Saat mencuci, perhatikan juga deterjen yang digunakan. Hindari pemakaian deterjen bubuk, dan pilih deterjen cair karena lebih lembut, sehingga mengurangi risiko serat kain terlepas dan membuat baju jadi tahan lama.

Manfaatkan Baju Lama di Lemari

Menerapkan fesyen yang berkelanjutan, bisa dimulai dengan memaksimalkan pakaian lama di lemari yang masih layak pakai. Apabila rusak, tahan diri untuk beli lagi. Lebih baik coba untuk memperbaiki dahulu. Misalnya saat ada kancing yang terlepas, kamu bisa jahit kembali menggunakan jarum dan benang.

Nah supaya, outfit kamu nggak gitu-gitu aja, coba upgrade look dengan penggunaan perhiasan yang cantik. Kamu bisa padukan dengan perhiasan Flare Collection untuk menciptakan penampilan yang baru.

Koleksi terbaru dari Frank & co. ini terinspirasi dari desain klasik Tennis Ring yang diberikan sentuhan modern dan elegan. Flare Collection menghadirkan 5 seri yang memukau, yakni Blaze, Lumine, Sparkly, Glisten, dan Glimmer.

Flare CollectionFlare Collection Foto: dok. Frank & Co.

Seri Glaze memiliki bentuk yang versatile sehingga cocok dipadukan dengan aneka outfit mulai dari kasual hingga formal. Ada juga seri Sparkly yang bisa bikin kamu tampak bersinar, jadi makin stunning!

Lalu, ada Lumine dengan desainnya yang sederhana, namun tetap memberikan kesan yang mewah, serta seri glimmer dengan desainnya yang klasik dan elegan. Terakhir, yaitu seri Glisten. Dengan perhiasan berlian wanita dari Frank & co. ini kamu tetap bisa tampil fresh dan baru, meski menggunakan pakaian lama di lemari.



Simak Video "Peragaan Busana Spesial untuk para Nakes di China Fashion Week"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/eny)