ADVERTISEMENT

Miss Guatemala Andalkan Gaun Desainer RI di Panggung Miss Universe 2022

Daniel Ngantung - wolipop Sabtu, 14 Jan 2023 09:00 WIB
NEW ORLEANS, LOUISIANA - JANUARY 11: Miss Guatemala, Ivana Batchelor walks onstage during the 71st Miss Universe preliminary competition at New Orleans Morial Convention Center on January 11, 2023 in New Orleans, Louisiana. (Photo by Josh Brasted/Getty Images) Penampilan Miss Guatemala Ivana Batchelor dalam balutan gaun desainer Indonesia di panggung preliminary Miss Universe 2022. (Foto: Josh Brasted/Getty Images)
New Orleans -

Di Miss Universe 2022, Laksmi DeNeefe bukan satu-satunya kontestan yang memakai gaun rancangan desainer Indonesia. Kreasi Anak Bangsa ternyata juga menjadi andalan Miss Guatemala Ivana Batchelor.

Para peserta Miss Universe 2022 dari 84 negara memberikan penampilan terbaiknya saat babak preliminary competition atau kompetisi awal di New Orleans, Louisiana, AS, pada Rabu (11/1/2023) waktu setempat. Di salah satu sesi, semua finalis unjuk kebolehan berlenggang dalam balutan gaun malam.

Banyak yang memakai gaun buatan perancang dari negara masing-masing sebagai bentuk diplomasi dan promosi budaya. Namun lain cerita dengan Ivana Batchelor yang mewakili Guatemala, salah satu negara di benua Amerika Selatan.

Perempuan 22 tahun itu justru mengandalkan gaun buatan Hengki Kawilarang, salah satu perancang Indonesia yang namanya sempat bersinar pada era 2010-an.

NEW ORLEANS, LOUISIANA - JANUARY 11: Miss Guatemala, Ivana Batchelor walks onstage during the 71st Miss Universe preliminary competition at New Orleans Morial Convention Center on January 11, 2023 in New Orleans, Louisiana. (Photo by Josh Brasted/Getty Images)Miss Guatemala Ivana Batchelor memakai gaun rancangan Hengki Kawilarang di panggung preliminary Miss Universe 2022. (Foto: Josh Brasted/Getty Images)

"Ivana Batchelor, Miss Universe Guatemala 2022 tampil dengan gaun buatan desainer couture Indonesia di panggung kompetisi awal Miss Universe," demikian bunyi keterangan di unggahan akun resmi Miss Universe Guatemala.

Untuk Ivana, Hengki membuat sebuah gaun glamor bernuansa emas yang penuh detail embellishment berkilauan dengan fringe yang menjuntai sebagai aksen. Detail cut-out pada bagian pinggul serta neckline yang asimetris menonjolkan kesan seksi pada penampilan Ivana.

Namun di Instagram Hengki Kawilarang, terungkap ada penyesuaian pada gaun yang disebutnya 'Chandelier' ini sehingga terlihat sedikit berbeda dari desain awal.

[Gambas:Instagram]



"Mereka pakaikan rok nude yang tebal dan nggak matching warnanya jadi (terlihat) ngatung. Harusnya dia pakai tanpa rok tambahan dari mereka. Jadi sedikit mengurangi keindahan," tulis akun Hengki Kawilarang saat menanggapi komentar tentang perombakan tersebut.

Terlepas dari itu, penampilan Ivana dan karya Hengki tetap mendapat apresiasi. Ini terbukti dari 39 ribu likes dan pujian yang mendominasi kolom komentar foto Ivana di sesi preliminary yang digelar jelang final Miss Universe 2022 hari ini, Sabtu (14/1/2023).

Meniti karier sebagai desainer selama hampir dua dekade, Hengki Kawilarang bukan nama baru di ranah mode Tanah Air. Karya-karyanya kerap menemani penampilan para selebriti Indonesia, seperti Krisdayanti dan Syahrini.

Koleksi terbaru Hengki Kawilarang yang bertema 'Diva' di panggung Fashion Tent Jakarta Fashion Week 2014, Senayan City, Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2013).  Sesuai namanya, gaun-gaun Hengki yang ditampilkan juga begitu mewah dengan siluet pas badan yang elegan. Taburan payet dan kristal Swarovski tampak menjadi ornamen gaun-gaun cantik ini.Hengki Kawilarang di Jakarta Fashion Week 2014. (Foto: Mohammad Abduh/detikcom)

Saat kariernya berada di puncak, citra Hengki sempat tercoreng karena tersandung kasus arisan bodong sampai-sampai ia harus dibui selama 11 bulan pada pertengahan 2015.

Keluar dari penjara, pria 44 tahun ini mulai bangkit untuk membenahi usaha modenya yang sempat terbengkalai. Perlahan-lahan ia mulai bangkit dan aktif lagi berkarya. Bahkan pada November 2021, ia mendapat kesempatan untuk memamerkan karya bertema Nusantara di New York City, AS, untuk menggalang dana bagi anak-anak disabilitas.



Simak Video "Tolak Kenakan Bikini, Begini Gaya Miss Bahrain di Miss Universe 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)