ADVERTISEMENT

Desainer Punk dan Aktivis Vivienne Westwood Meninggal Dunia di Usia 81

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 30 Des 2022 08:30 WIB
LONDON, ENGLAND - JANUARY 09:  Vivienne Westwood is seen on the runway for the finale of the Vivienne Westwood show during London Fashion Week Mens January 2017 collections at Seymour Leisure Centre on January 9, 2017 in London, England.  (Photo by Jeff Spicer/Getty Images) Vivienne Westwood di London Fashion Week 2017. Ia meninggal dalam usia 81 tahun, kemarin, Kamis (29/12/2022). (Foto: Jeff Spicer/Getty Images)
London -

Dunia mode kembali kehilangan salah satu insan terbaiknya. Desainer Dame Vivienne Westwood yang dikenal pelopor estetika punk meninggal dunia dalam usia 81 tahun.

Berita duka tersebut diumumkan lewat keterangan resmi di semua akun media sosial Vivienne Westwood, Kamis (29/12/2022).

British designer Vivienne Westwood (3rd R) stands with models during the finale of her catwalk show at the Autumn / Winter 2016 London Fashion Week in London on February 21, 2016. / AFP / LEON NEAL        (Photo credit should read LEON NEAL/AFP via Getty Images)Foto: LEON NEAL/AFP via Getty Images

"Vivienne Westwood wafat hari ini dalam damai, dan dikelilingi oleh keluarga, di Clapham, London Selatan," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Vivienne Westwood meninggalkan seorang suami, Andreas Kronthaler, yang juga rekan kerjanya sebagai desainer, dan beberapa anak dari hubungan sebelumnya.

Tak dijelaskan penyebab wafatnya perancang asal Inggris itu. Namun, ia disebut masih bekerja hingga mengembuskan napas terakhirnya.

[Gambas:Instagram]



"Vivienne masih melakukan hal yang dicintainya sampai hari terakhir, mendesain, menulis buku, dan mengubah dunia menjadi lebih baik," tambahnya.

Peragaan label Vivienne Westwood koleksi Spring/Summer 2022 di Paris Fashion Week pada 1 Oktober 2022 lalu menjadi yang terakhir bagi sang desainer sebelum meninggal. Tak tampak sosoknya kala itu saat finale. Hanya Andreas yang muncul untuk mewakilinya.

Kepergian Vivienne Westwood meninggalkan duka mendalam bagi para figur publik. "Saya sangat sedih saat mengetahui desainer dan aktivis Dame Vivienne Westwood meninggal dunia. Doaku untuk keluarganya yang sedang sangat berduka," tulis Victoria Beckham.

Vivienne WestwoodVivienne Westwood dan Victoria Beckham (Foto: Jimi Celeste/WWD/Penske Media via Getty Images)

Ucapan belasungkawa juga datang dari kalangan pemerintahan. "Vivienne Westwood adalah ikon kreatif yang sukses menguatkan posisi Inggris di garis terdepan fashion modern," tulis Walikota London Sadiq Khan.

Vivienne Isabel Swire, demikian nama lengkapnya, lahir di sebuah pedesaan Inggris bernama Tintwistle, Derbyshire, pada 8 April 1941. Pernah menjadi guru sekolah dasar, ia mengawali karier sebagai desainer saat berusia 20-an.

Punk rock group Viviane Westwood dan manajer Sex Pistols Malcolm McLaren pada 1977. (Foto: Daily Mirror/Bill Kennedy/Mirrorpix via Getty Images)

Vivienne Westwood muncul saat gerakan punk tengah menginvasi kota-kota besar di Inggris, khususnya London. Desainnya pun kental dengan elemen punk dan berkontradiksi dengan dominasi estetika wanita elegan yang kala itu masih didikte oleh label high-fashion Eropa yang sudah mapan.

Identitas punk semakin melekat dengan Vivienne berkat kedekatannya dengan personel Sex Pistols. Fashion juga menjadi wadah bagi Vivienne untuk mengekspresikan dirinya sebagai seorang aktivis lingkungan dan politik. Ia dikenal vokal dalam mendukung pembebasan pendiri WikiLeaks Julian Assange.

Kemajuan industri fashion Inggris tak lepas dari Vivienne Westwood. Oleh karena itu, ia mendapat gelar 'Dame' dari Ratu Elizabeth II pada 2006.

Sosoknya pernah menjadi kontroversi saat ia menerima penghargaan OBE dari Kerajaan Inggris pada 1992. Saat sesi pemotretan dengan fotografer di halaman Istana Buckingham, Vivienne Westwood yang dikenal sangat kritis terhadap Ratu berpose sambil memutar roknya yang mengekspos bawahannya yang tanpa dalaman.

(dtg/dtg)