ADVERTISEMENT

Erina Gudono Cantik Berbalut Kebaya Intan Avantie Jelang Prosesi Siraman

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 09 Des 2022 11:00 WIB
Kebaya Erina Gudono Jelang Siraman Penampilan Erina Gudono, calon istri Kaesang Pangarep, jelang siraman di rumahnya. (Foto: Instagram/@hepidavid)
Yogyakarta -

Sebagai bagian dari pernikahan Kaesang dan Erina Gudono, saat ini sedang berlangsung prosesi siraman di kediaman calon mempelai wanita di Yogyakarta, Jumat (9/12/2022). Untuk momen spesial tersebut, kebaya Intan Avantie menjadi andalan Erina Gudono.

Siraman dimulai pada pukul 09.00 dengan upacara majang tarub dan pemasangan bleketepe oleh ibu dan kakak-adik Erina di gapura bernuansa floral yang berdiri di depan rumah. Bleketepe yang terbuat dari daun pohon kelapa merupakan simbol penyucian diri dan harapan baik tamu untuk keluarga yang punya hajatan.

Setelah itu, masuk ke upacara cethik geni dan adang sepisan yang hanya dilaksanakan saat orangtua mantu untuk pertama kali. Dari empat bersaudara, Erina menjadi anak pertama dari Mohammad Gudono (alm.) dan Sofiatun Gudono yang menikah.

Ritual ini meliputi mencuci beras, menyalakan api, menanak nasi yang dinamai sebagai simbol kebersamaan dalam memikul tanggung jawab. Prosesi berlanjut dengan keluarga meracik ari dari tujuh sumber untuk siraman.

Usai meracik, keluarga masuk ke rumah untuk melakukan majang pasarean di kamar Erina. Turut terlibat dalam prosesi ini Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas (istri Sri Sultan Hamengkubuwana X, Gusti Putri Pakualam, dan Siti Faridah (istri Mensesneg Pratikno).

Kebaya Erina Gudono Jelang SiramanKebaya Erina Gudono Jelang Siraman (Foto: Instagram/@hepidavid)

Erina sudah menanti kehadiran mereka dalam balutan kebaya kutubaru berwarna hijau kebiruan penuh detail brokat rancangan Intan Avantie yang juga putri desainer kondang Anne Avantie. Kebaya tersebut dilengkapi stagen jumputan merah dan bawahan berupa jarik batik motif sidoluhur.

Sebuah bros emas bernuansa etnik turut menyempurnakan penampilan ayu Puteri Indonesia Yogyakarta 2022 ini. Riasan yang on-point merupakan pulasan dari make-up artist Hepi Herviani Wattimena.

Sebelum masuk siraman, Erina Gudono menjalani prosesi sungkeman dan langkahan. Perempuan 26 tahun itu mendahului dua kakaknya, Allen Adam Gudono dan Nadya Gudono. Berbeda dari Kaesang yang kedua kakaknya sudah menikah.



Simak Video "Ganti Busana! Ini Penampilan Kaesang dan Erina di Tasyakuran Malam"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)