ADVERTISEMENT

Gaya Putri Monako Langgar Protokol, Bertemu Paus Sambil Pamer Bahu

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 21 Jul 2022 14:45 WIB
Monacos Princess Charlene walk along the San Damaso courtyard to a waiting vehicle as she and her husband leave following a private audience with Pope Francis, at the Vatican on July 20, 2022. (Photo by Tiziana FABI / AFP) (Photo by TIZIANA FABI/AFP via Getty Images) Penampilan Putri Charlene dari Monako saat bertemu Paus Fransiskus, Rabu (20/7/2022). (Foto: AFP via Getty Images/TIZIANA FABI)
Vatikan -

Putri Charlene dari Monako mendampingi suaminya, Pangeran Albert, bertemu Paus Fransiskus. Pilihan berbusananya pun menjadi sorotan karena melanggar aturan.

Pertemuan antara Paus Fransiskus dan keluarga Kerajaan Monako ini berlangsung di Vatikan, Rabu (20/7/2022). Menurut Daily Mail, Vatikan memberlakukan protokol yang mengatur busana tamu pemimpin tertinggi Gereja Katolik itu.

Monaco's Prince Alberto II and Princess Charlene walk along the San Damaso courtyard as they leave following a private audience with Pope Francis, at the Vatican on July 20, 2022. (Photo by Tiziana FABI / AFP) (Photo by TIZIANA FABI/AFP via Getty Images)Putri Charlene mengenakan gaun yang memamerkan bahu saat bertemu Paus Fransiskus di Vatikan kemarin. (Foto: AFP via Getty Images/TIZIANA FABI)

Mereka yang perempuan wajib memakai terusan hitam panjang dengan kerah yang tinggi. Mantilla atau kerudung dari bahan lace pun harus dikenakan.

Namun, Putri Charlene yang belakangan mulai aktif lagi setelah 11 bulan absen dari hadapan publik karena masalah kesehatan, memilih tampilan yang berbeda. Sebuah gaun hitam dengan garis leher bergaya bateau neck yang mengekspos bahu menjadi pilihan wanita 44 tahun itu.

Di jajaran aksesori, terdapat pula rosario dengan salib yang besar. Sepasang heels berwarna nude turut melengkapi gayanya.

Prince Albert II of Monaco and Princess Charlene leave at the end of a private audience with Pope Francis at The Vatican, Wednesday, July 20, 2022. (AP Photo/Domenico Stinellis)Diundang Paus Fransiskus ke Vatikan, Pangeran Albert dan Putri Charlene tampil serba hitam. (Foto: AP/Domenico Stinellis)

Vatican News mengabarkan, dalam pertemuan yang hanya berlangsung selama 25 menit tersebut, Paus Fransiskus dan pasangan kerajaan ini membahas beberapa isu sosial. Berasal dari Afrika Selatan, Putri Charlene dikenal berjiwa sosial dan aktif dalam kegiatan konservasi lingkungan. Mereka lalu menutup audiensi tersebut dengan saling bertukar cenderamata.

Kunjungan resmi pertama Putri Charlene sebagai istri Pangeran Albert ke Vatikan terjadi pada Januari 2013. Momen tersebut menandai 55 tahun perayaan pertemuan orangtua Pangeran Albert, Pangeran Rainier dan Putri Grace (Kelly), bersama Paus Pius XII pada 1957.

Pengecualian untuk Putri Charlene dan Ratu Katolik

Pada 2016, Putri Charlene menemui Paus dengan baju serba putih. Diketahui, ia termasuk satu dari tujuh wanita yang diperbolehkan memakai baju berwarna di luar hitam saat bertemu Paus.



VATICAN CITY, VATICAN - 2016/01/18: Princess Charlene of Monaco with Prince Albert II (not seen) leaves at the end of a private audience with Pope Francis at the Vatican. (Photo by Giuseppe Ciccia/Pacific Press/LightRocket via Getty Images)Penampilan Putri Charlene dalam balutan busana serba putih di pertemuannya dengan Paus Fransiskus pada 2016. (Foto: LightRocket via Getty Images/Pacific Press)

Kelonggaran tersebut karena ia memiliki 'le privil├ęge du blanc'. Vatikan hanya memberikan privilese tersebut kepada ratu dan putri yang beragama Katolik untuk menghadiri acara-acara sakral dalam balutan busana berwarna selain hitam.

Selain Putri Charlene, status ini juga disematkan kepada Ratu Sofia (Spanyol), Ratu Paola (Belgia), Grand Duchess Maria Teresa (Luxemburg), Ratu Mathilde (Belgia), Ratu Letizia (Spanyol), dan Putri Marina (Napoli, Italia)

Putri Charlene awalnya beragama Protestan, tapi memutuskan untuk memeluk Katolik pada 2011 karena alasan yang personal. "Katolik memang agama negara (di Monako). Tapi buat saya, Katolik memiliki makna yang lebih dari itu. Nilai dari agama ini sangat menyentuh saya dan merespons jiwa saya dengan baik," kata ibu dua anak itu seperti dikutip People.

Pope Francis (C) exchanges gifts with Spain's King Felipe (L) and Queen Letizia (R) during a private audience at the Vatican on June 30, 2014.   AFP PHOTO POOL / ALESSANDRO BIANCHI (Photo by ALESSANDRO BIANCHI / POOL / AFP) (Photo by ALESSANDRO BIANCHI/POOL/AFP via Getty Images)Busana serba putih juga menjadi andalan Ratu Letizia dari Spanyol saat bertemu Paus Fransiskus pada 2014. (Foto: POOL/AFP via Getty Images/ALESSANDRO BIANCHI)



Simak Video "Pengumuman! BLACKPINK Konser di Jakarta Maret 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)