Viral Gaya OOTD ASN Kota Bogor yang Diwajibkan Pakai Baju Merek Lokal

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 03 Jun 2022 06:00 WIB
OOTD Bima Arya Pakai Baju Brand Lokal Foto OOTD Bima Arya pakai busana dari jenama lokal. (Foto: Instagram/@bimaaryasugiarto)
Bogor -

Aparatur sipil negara (ASN) Kota Bogor wajib memakai baju keluaran jenama lokal setiap Selasa. 'Dress code' baru ini telah disahkan dalam Peraturan Walikota (Perwali) Kota Bogor Nomor 30 Tahun 2022.

Untuk mensosialisasikan aturan berpakaian ini, Wali Kota Bogor Bima Arya mengunggah video di Instagram, Rabu (1/5/2022), yang memperlihatkan dirinya beraksi sebagai 'fashion police' untuk melihat selokal apa gaya busana anak buahnya.

"Mau cek satu-satu semua kepala dinas, apakah konsisten dengan produk lokal," kata Bima Arya di video bertajuk 'ASN Makin Keren, Produk Lokal Paten!' tersebut.

Ketua DPP Partai Amanat Nasional itu juga memamerkan sejumlah foto OOTD (outfit of the day) dia dan bawahannya (ada wakil walikota, kepala Satpol PP Bogor, kadis perhubungan Kota Bogor) bergaya dengan produk lokal from head to toe. Di Twitter, unggahan tersebut sempat viral setelah mendapat hampir 9.000 likes dan 2.200 retweet.

Kepada awak media sehari sebelumnya, Bima mengungkapkan harapannya bahwa kebijakan tersebut dapat mendorong perputaran uang di Kota Bogor.

[Gambas:Instagram]



"Kalau semua ASN belanja produk lokal dari distro-distro yang ada di Kota Bogor, maka akan ada perputaran uang Rp3,5 miliar. Saya tadi tanya random, mereka minimal membelanjakan Rp 500 ribu. Di Kota Bogor ini ada sekitar 6.980 ASN," ujar Bima seperti dikutip CNN Indonesia.

Meski menyerukan pemakaian produk asli Bogor, foto OOTD Bima turut menyertakan produk dari daerah lain. Ia memakai jam tangan buatan sebuah jenama yang berbasis di Bandar Lampung, Lampung.

"Kita dorong produk lokal yang memang betul-betul dikembangkan. Bukan asal produk lokal yang sudah masuk department store, sudah masuk mal, tidak. Jadi betul-betul produk lokal," kata Bima tentang kriteria produk lokal yang bisa menjadi opsi ASN.

OOTD Bima Arya Pakai Baju Brand LokalOOTD Bima Arya pakai baju brand lokal. (Foto: Instagram/@bimaaryasugiarto)

Unggahan OOTD ASN di akun media sosial Bima mengundang beragam reaksi, mulai dari pujian hingga kritikan. "Edan, seneng gini liatnya. Pada seger juga. Campaign yang harus diterapkan se-Indonesia ini mah," kicau seorang pengguna Twitter.

Ada pula yang berkomentar, "Rencana yang bagus, dicoba saja. Namun, tidak seminggu atau sebulan sekali harus beli baju kan ya Pak."

Selain baju buatan jenama lokal, Bima Arya turut memberlakukan kewajiban memakai pangsi setiap Kamis dan pakaian batik setiap Jumat bagi para ASN. "Jadi ada tiga hari dalam seminggu kesempatan untuk menggunakan produk lokal," katanya.





Simak Video "Mengenal Dimas Mangara Si Dada Jedak-Jeduk"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)