Keren! Ibu-ibu Rusun Ini Daur Ulang Sprei Bekas Hotel Mewah Jadi Kemeja

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 15 Mar 2022 17:30 WIB
Kemeja JKT.Creative dari Linen Bekas Foto: Rahmi Anjani/Wolipop
Jakarta -

Untuk memberdayakan masyarakat di rumah rusun, JKT.Creative melatih para ibu-ibu di sana agar memiliki keterampilan dan pendapatan tambahan. Baru-baru ini perusahaan ritel yang punya misi amal tersebut pun merilis koleksi busana hasil kerajinan mereka yang ramah lingkungan. Berkolaborasi dengan hotel bintang lima, komunitas ibu-ibu rusun membuat baju yang terbuat dari linen bekas.

JKT.Creative bekerjasama dengan Hotel Raffles Jakarta untuk merilis rangkaian busana yang ditujukan untuk amal. Dalam rangka merayakan Hari Perempuan Internasional 2022, keduanya berkolaborasi untuk mendaur ulang limbah tekstil hotel yang bisa memberi penghasilan sekaligus mendukung keberlangsungan lingkungan. Dari linen bekas yang biasa dipakai untuk sprei dan lain-lain, kain tersebut disulap menjadi kemeja bersulam oleh ibu-ibu di rusun yang dilatih JKT.Creative.

Dalam acara International Women's Day at Raffles Jakarta, Iwet Ramadhan sebagai founder menceritakan koleksi terbarunya itu. Diberi amanat oleh Co-Founder Veronica Tan untuk memberikan skill pada ibu-ibu di rusun, ia menemukan bahwa linen bekas hotel bintang lima punya kualitas dan cocok di-upcycle. Iwet lalu meminta bahan-bahannya dari Hotel Raffles untuk dibuat kemeja. Tak disangka, responnya cukup bagus dan berencana dilanjutkan.

Kemeja JKT.Creative dari Linen BekasIwet Ramadhan Mengenakan Kemeja JKT.Creative Hasil Upcycling Linen Bekas Foto: Rahmi Anjani/Wolipop

"Dibikin jadi baju result-nya oke banget jadi ajak bikin sesuatu yuk karena JKT.Creative pengen jadi hub orang-orang yang ingin bekerja sama dengan ibu rusun agar semakin banyak wanita berdaya dan punya skill untuk nambah pendapatan. Karena wanita itu tiang negara, kalau wanita punya uang, anak-anak bisa makan dengan benar, sekolah dengan benar, jadi anak-anak terurus dan kesehatannya membaik," katanya di The Dining Room, Hotel Raffles, Selasa, (15/3/2022).

Iwet pun mengungkap kisahnya mengajarkan ibu-ibu rusun untuk membuat busana. Ia mengaku memang awalnya tidak mudah untuk meyakinkan mereka agar mau mempelajari hal baru. Apalagi sebelumnya warga rusun yang umumnya pindahan dari pinggir jalan hanya ingin sesuatu yang praktis dan dapat menghasilkan uang. Tapi Iwet bertekad untuk membantu memberdayakan wanita karena terinspirasi dari ibunya sendiri yang dulu diminta ayahnya untuk putus kuliah.

Kini bisa dibilang sukses membina komunitas tersebut, Iwet senang bisa sedikit banyak membantu mereka. "Kita yakinkan nanti dapat uang tapi harus sabar. Terbukti itu bisa mengembalikan percaya diri mereka karena setelah dilatih mereka jadi berani menatap orang, berani berbicara," ujarnya.

Mengenai rangkaian kemeja hasil upcycle linen bekas hotel bintang lima, koleksi tersebut bisa didapatkan di situs JKT.Creative. Produk itu nantinya juga akan dijumpai di Hotel Raffles Jakarta.

(ami/ami)