Jawaban Fashion Division Soal Tuduhan Wanda Hamidah Terkait Paris Fashion Week

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 10 Mar 2022 15:15 WIB
Fashion Division Foto: Instagram/@fashiondivisionparis
Paris -

Wanda Hamidah vokal mengkritik acara fashion yang menampilkan karya sejumlah desainer Indonesia dan jenama lokal di Paris. Salah satu kritikannya tertuju pada Fashion Division, penyelenggara acara tersebut. Ia bahkan menduga ada modus penipuan. Lantas, apa tanggapan Fashion Division?

Artis yang juga politikus itu sempat mengunggah tangkapan layar yang diduga deck atau proposal acara tersebut. Di proposal, tertulis 'Paris Fashion Week 2022' dan disertai logo Fashion Division, Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs), serta Kemenparekraf.

Pada bagian Brand & Partnership Special Value Full Package, tertera harga paket menggelar fashion show di acara tersebut yakni sekitar Rp 5,1 miliar untuk 10 slot atau Rp 511 juta per slot. "500 juta saudara-saudara, tanpa kurasi. Kamu punya duit, bisa ikut," tulis Wanda.

Tak tinggal diam, pendiri sekaligus CEO Fashion Division Wulan S Haryono pun menanggapi tudingan tersebut lewat akun Instagram pribadinya, @wulansharyono. Ia mengklaim bahwa proposal yang diunggah Wanda bukan milik Fashion Division.

"Ibu @wanda_hamidah yang terhormat, sebelum share sesuatu mohon dicek terlebih dahulu karena jatuhnya bisa fitnah dan pencemaran. Ini adalah bukan deck/package kami," tulis Wulan, Rabu (9/3/2022).

Fashion DivisionFoto: Instagram/@wulansharyono

Wolipop telah menghubungi Wulan untuk dimintai keterangan. Ia baru bersedia diwawancara setibanya di Indonesia besok.

Akun Fashion Division mengunggah proposal resmi yang mereka buat. Tak ada nama atau logo Paris Fashion Week (PFW) yang telah dipatenkan oleh Fédération de la Haute Couture et de la Mode (FHCM) selaku penyelenggara PFW yang resmi.

Proposal asli Fashion Division, seperti dilihat pada Kamis (10/3/2022), juga disertai jenis-jenis paket dan harganya, mulai dari 7.000 euro (Rp 110 juta) hingga 15.000 euro (Rp 237 juta) untuk sharing show.

Buntut dari perkara ini, ada kemungkinan berlanjut di meja hijau. Wanda dalam Instagram Stories-nya mengatakan bahwa Wulan akan melayangkan gugatan terhadap dirinya. "Mba Wulan sang EO 'Paris Fashion Week' menghubungi sahabat saya minta bertemu. Katanya akan menuntut saya di pengadilan. Dengan senang hati saya menunggu, supaya kedok kamu semakin terbuka," tulisnya.

Fashion DivisionFoto: Instagram/@fashiondivision.asia.europe

Tak gentar, Wanda menyimpulkan ada oknum yang menipu para desainer Indonesia dengan iming-iming eksis di 'Paris Fashion Week'. "Mereka sudah bayar mahal... ternyata eh ternyata tidak didaftarkan ke PFW beneran. Now I feel pity and sympathy for them. Siapapun yang menipu harus membayarnya," tulis Wanda.

Ia berharap, kedok 'mafia fashion' tersebut dapat terbongkar sehingga tidak ada lagi insan kreatif Indonesia yang menjadi korban.



Simak Video "Hati-hati! Paris Fashion Week Peringatkan soal Pencurian Identitas"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)