ADVERTISEMENT

Heboh Desainer RI Beli Organ Manusia, 3 Sosok Ini Buat Karya Seni dari Tubuh

Hestianingsih - wolipop Kamis, 24 Feb 2022 13:49 WIB
Jakarta -

Arnold Putra terseret dalam kasus dugaan kejahatan perdagangan internasional organ manusia. Desainer asal Indonesia itu disinyalir memesan paket organ yang terdiri dari tangan dan tiga plasenta manusia.

Menurut pernyataan kepolisian Brasil seperti dikutip Vice World News, paket organ tersebut akan dikirim "untuk desainer terkenal Indonesia yang menjual aksesori dan garmen dari material tubuh manusia."

Dugaan tersebut muncul karena Arnold Putra pernah membuat tas tangan yang terbuat dari tulang belakang manusia. Rancangan sang desainer memicu kontroversi dan kritikan karena dianggap tidak lazim.

Namun Arnold Putra berdalih bahwa tulang belakang dibelinya secara resmi dari sumber medis di Kanada. Menurutnya, bukan hal yang tidak mungkin untuk membeli tulang dari perusahaan berlisensi yang menerima spesimen manusia yang disumbangkan untuk obat-obatan.

Penggunaan organ tubuh manusia untuk dibuat jadi sebuah benda bukan kali pertama ini terjadi. Sejumlah desainer hingga seniman pernah melakukan aksi kontroversial ini.

1. John Osborne

Sepatu karya John Osborne terbuat dari kulit manusia.Sepatu karya John Osborne terbuat dari kulit manusia. Foto: Dok. Wikipedia

Pada era 1800-an, seorang dokter di Wyoming, Amerika Serikat, menciptakan sepatu dari kulit manusia. Dokter bernama John Osborne itu mendapatkan material untuk barang-barangnya dengan menguliti jasad George Francis Warden, pelaku kriminal yang dihukum mati karena mencuri kuda merampok.

John Osborne menggunakan kulit dari bagian dada dan paha. Selain sepatu, dia juga membuat tas dan dompet koin dari kulit George. Seperti dikutip dari Ranker, John konon sangat menyukai sepatu dari kulit manusia itu hingga dipakainya saat pelantikan ketika menjadi Gubernur Wyoming. Sepatu tersebut kini dipamerkan di Carbon County Museum.

2. Anthony-Noel Kelly

Patung dari cetakan tubuh manusia karya Anthony-Noel Kelly.Patung dari cetakan tubuh manusia karya Anthony-Noel Kelly. Foto: Dok. Website Anthony-Noel Kelly

Seniman Anthony-Noel Kelly harus berurusan dengan polisi setelah tertangkap tangan menyelundupkan bagian tubuh manusia untuk karya pamerannya. Alhasil, pada 1998 pria asal London, Inggris, ini dihukum penjara sembilan bulan.

Anthony-Noel Kelly dikenal sebagai seniman kontroversial yang menggunakan material tak biasa untuk mengkreasikan karya. Untuk pameran kala itu, dia menciptakan patung dicetak dari beberapa bagian tubuh manusia yang diambilnya dari Royal College of Surgeons.

3. Damien Hirst

Tengkorak manusia berhiaskan batu berlian karya Damien Hirst.Tengkorak manusia berhiaskan batu berlian karya Damien Hirst. Foto: Dok. Wikipedia

Damien Hirst merupakan merupakan seniman, pengusaha dan kolektor seni yang tergabung dalam Young British Artists pada 1990-an. Pria asal Bristol, Britania Raya, ini pernah membuat heboh karena menciptakan karya seni menggunakan tengkorak manusia.

Karya yang diberi judul 'For the Love of God' ini merupakan tengkorak kepala manusia dari abad 18 berhiaskan 8.601 berlian. Salah satu berlian besar berbentuk pir disematkan pada bagian tengah dahi dan dikenal sebagai 'Skull Star Diamond'.

(hst/hst)