Vogue British Dikritik, Edit 9 Model Kulit Hitam Jadi Berwarna Makin Gelap

Hestianingsih - wolipop Selasa, 25 Jan 2022 14:45 WIB
model kulit hitam Vogue British Foto: Dok. Vogue British
Jakarta -

Vogue British menerbitkan edisi Februari 2022 dengan menampilkan sembilan model kulit hitam di sampulnya. Bermaksud menyoroti inklusivitas dan perbedaan, tim editor majalah gaya hidup tersebut justru dikritik.

Netizen menilai Vogue British keliru menginterpretasikan warna kulit dari semua model yang tampil di sampul majalah. Menurut netizen, beberapa model kulitnya sengaja dibuat lebih gelap dari kulit asli mereka.

Vogue British edisi terbaru ini menampilkan para model Afrika. Sebuah konsep yang berbeda dan inovatif di bawah arahan editor-in-chief Edward Enninful, namun dianggap memperlihatkan hasil yang mengecewakan.

model kulit hitam Vogue Britishmodel kulit hitam Vogue British. Foto: Dok. Vogue British

"Sampul majalah ini aneh. Pencahayaannya tidak ada. Backdrop-nya tidak bagus. Perbedaan warna kulit dan highlight-nya hilang. Dan para model Afrika ini semuanya memakai wig bergaya Eropa. Huh? British Vogue benar-benar harus mempekerjakan fotografer wanita berkulit hitam," cuit netizen di Twitter.

"Pembingkaian, sengaja membuat kulit lebih gelap, ekspresi kaku dan tidak adanya aura kebahagiaan sangat menjelaskan tentang bagaimana institusi fashion memandang wanita kulit hitam," komentar netizen lain.

model kulit hitam Vogue Britishmodel kulit hitam Vogue British. Foto: Dok. Vogue British

"Itu bukan warna asli kulit mereka!! Dan semuanya memakai rambut palsu. Bukan cara yang benar untuk menghargai mereka," protes netizen lagi.

Banyak pula netizen yang menyoroti pilihan warna latar belakang pemotretan. Alih-alih warna cerah yang akan menonjolkan kecantikan kulit para model, tim editor justru menggunakan warna cokelat gelap yang terkesan suram.

model kulit hitam Vogue Britishmodel kulit hitam Vogue British. Foto: Dok. Vogue British

Sementara itu Edward Enninful menjelaskan inspirasi di balik sampul majalah yang digarap fotografer Rafael Pavarotti. Tim editor yang dipimpinnya ingin mengangkat para model berbakat berdarah Afrika yang tak hanya unik dan cantik tapi juga credas.

"Para wanita ini mendefinisikan kembali seperti apa seharusnya seorang model fashion. Kita punya model Belanda, Rusia, Eropa Timur... Dan sementara, dalam dekade terakhir, model kulit hitam mulai menonjol, saya senang akhirnya kita memberikan ruang lebih luas untuk kecantikan Afrika," tutur Edward, seperti dikutip dari Hypebae.

Pemotretan kali ini melibatkan para model kulit hitam yang sedang naik daun dari berbagai belahan bumi Afrika. Mereka adalah Anok Yai, Adut Akech, Amar Akway, Majesty Amare, Akon Changkou, Maty Fall, Janet Jumbo, Abény Nhial dan Nyagua Ruea dari Senegal, Rwanda, Sudan, Nigeria dan Ethiopia.



Simak Video "Gaya Adele Tampil di Majalah Vogue Edisi Inggris dan Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)