Model Catwalk Kini Tak Sekurus Dulu, Ada yang Plus Size sampai Difabel

Hestianingsih - wolipop Kamis, 25 Nov 2021 16:32 WIB
British fashion model and 60s icon, Twiggy (Lesley Hornby) modelling a short dark wig.    (Photo by McKeown/Getty Images) Foto: Getty Images
Jakarta -

Industri fashion selama ini dipandang memiliki sisi kelam dari para model. Sejak dulu, model catwalk diketahui harus diet ketat, demi tampil seramping mungkin saat membawakan koleksi busana desainer.

Namun Editor In Chief Vogue British Edward Enninful mengklaim bahwa model-model catwalk saat ini mengalami 'perubahan nasib'. Edward menyebut bahwa model seperti manusia pada umumnya, makan dengan sehat dan tidak sekurus seperti standar model di era 60-an sampai 90-an.

"Ada miskonsepsi bahwa orang-orang fashion tidak pernah makan, tapi itu tidak benar," ujar pria 49 tahun ini seperti dikutip dari New York Post.

NEW YORK, NY - NOVEMBER 03:  Edward Enninful and Naomi Campbell attend the 18th Annual Accessories Council ACE Awards At Cipriani 42nd Street at Cipriani 42nd Street on November 3, 2014 in New York City.  (Photo by Jamie McCarthy/Getty Images for ACE Awards)Edward Enninful, editor in chief Vogue British. Foto: Jamie McCarthy/Getty Images for ACE Awards

Dia lalu mencontohkan para model yang pernah tampil di majalah yang dikelolanya, Vogue British. Menurutnya media yang dijuluki sebagai fashion bible itu tidak selalu menampilkan model yang kurus.

"Ketika kamu lihat, setidaknya, di Vogue, setiap orang bisa tampil. Dengan segala bentuk, segala ukuran, segala warna kulit," tuturnya.

Edward kemudian menjelaskan, meskipun masih banyak PR yang harus dibenahi insan mode di industri fashion tentang body positivity dan inklusivitas, sekarang ini perlahan-lahan sudah mulai mengarah ke sana. Model tidak lagi harus sangat kurus.

British fashion model and 60's icon, Twiggy (Lesley Hornby) modelling a short dark wig.    (Photo by McKeown/Getty Images)Twiggy, model populer era 60-an. Foto: McKeown/Getty Images

"Aturan ketat bahwa model tidak boleh dengan ukuran tubuh tertentu, bahwa 'ukuran tubuh nol adalah ukuran yang sempurna', sudah tidak ada lagi," ujarnya.

Dia menambahkan, "Bahkan pemikiran tentang menjadi sudah berubah. Kamu bisa bertubuh pendek, berisi, atau difabel."



Simak Video "Sosok Brooks Nader, Model Baju Renang yang Lagi Naik Daun"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)