Haru Anne Avantie saat Terima Penghargaan Barbie, Ingat Perjuangan Ibu

Daniel Ngantung - wolipop Minggu, 19 Des 2021 15:30 WIB
Barbie Anne Avantie Anne Avantie dan ibunya saat menerima penghargaan dari Barbie. (Foto: Daniel Ngantung/detikcom)
Jakarta -

Hari yang telah dinantikan Anne Avantie akhirnya tiba juga. Setelah menunggu enam bulan, sang desainer akhirnya bisa melihat langsung dan memegang Barbie 'One of A Kind' (OOAK) dalam wujud dirinya. Dalam haru, ia mempersembahkan Barbie yang hanya ada satu-satunya di dunia itu untuk sang ibu.

Barbie OOAK adalah bentuk penghargaan dari Mattel melalui program global Barbie Role Model. Diluncurkan pada 2015, Role Model memberi apresiasi kepada sosok perempuan di seluruh dunia, yang kehidupannya dapat menginspirasi dan memotivasi para anak-anak putri demi menggapai impian mereka.

Anne Avantie menjadi perempuan Indonesia pertama yang menerima penghargaan tersebut. Nama desainer asal Semarang, Jawa Tengah, ini lantas bersandingan dengan astronaut Italia Samantha Cristoforreti, peneliti vaksin Sarah Gilbert, bintang tenis Naomi Osaka, model Liu Wen.

Penghargaan untuk Bunda Anne, demikian sapaan akrabnya, sebenarnya sudah diumumkan sejak Juni lalu. Namun, Barbie Anne Avantie yang dibuat secara khusus di Amerika Serikat tersebut baru dapat dikirim enam bulan kemudian karena menyesuaikan perkembangan situasi pandemi COVID-19.

Barbie Anne AvantieBarbie Anne Avantie (Foto: Dok. Anne Avantie/Mattel)

Acara penyerahan Barbie pun digelar di Living World Alam Sutra, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (18/12/2021). Selain perwakilan Mattel Indonesia, hadir pula orang terdekat Anne, seperti ibunda, Amie Indriati, dan suami Anne, Joseph Hendry Susilo.

Tidak ketinggalan Gandi Sulistiyanto, pengusaha yang belum lama ini dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Duta Besar RI untuk Korea Selatan. Ia datang untuk memberi kata sambutan.

Haru meliputi perasaan Anne Avantie di panggung jelang penyerahan Barbie-nya. Desainer 67 tahun itu teringat perjuangan sang ibu dalam merawat dan mengayominya bahkan sampai saat ini.

Barbie Anne AvantieAnne Avantie dan ibunya, Amie Indriati, saat menerima penghargaan dari Barbie. Foto: Dok. Mattel Indonesia

"Menjadi role model tak pernah terpikirkan bagi saya, karena mimpi saya membahagiakan Mami. Beliau sempat kena kanker pada tahun 1996. Hati saya hancur, saat melihat kepala Mami gundul," kenang Anne sembari meneteskan air mata.

Ibu Amie menjadi orangtua tunggal pada usia 38 tahun setelah ayah Anne meninggal. Di mata Anne, ibunya adalah sosok ibu yang optimis, tak pernah mengeluh dan menceritakan keburukan orang lain.

Anne lalu menceritakan masa-masa sulit saat menjadi korban kerusuhan 1998. "Toko kami dibakar. Tapi Mami mengingatkan, jangan pernah kamu trauma untuk Indonesia. Berdirilah di atas puing-puing dan berjuanglah demi Bangsa," kata desainer yang telah berkarya selama 30 tahun ini.

Mirsha Windyastuti, Brand Manager Mattel Indonesia, mengungkapkan alasan Mattel memilih Anne Avantie karena sepak terjangnya sebagai seorang perancang sekaligus filantrop. "Kalau melihat desainer di sini, siapa lagi yang legend selain Bunda Anne. Di tengah kesibukannya, beliau masih bisa mendedikasikan diri untuk banyak kegiatan sosial," ujar Mirsha. Ia menambahkan, Barbie ini tidak akan diproduksi secara massal karena hanya sebagai sebuah bentuk penghargaan.

Barbie Anne AvantieBarbie Anne Avantie (Foto: Daniel Ngantung/detikcom)

Barbie Anne Avantie balutan busana serba hitam yang biasa menjadi andalan Anne Avantie, terdiri dari atasan bersiluet kebaya dan celana panjang, berikut selendang batik tulis khas Pekalongan yang disampirkan dan kalung rosario. Sebuah foto yang diambil dari lima tahun menjadi referensi tim Mattel.

"Saya ingin mempersembahkan boneka ini untuk Mami. Nggak akan ada orang sukses tanpa memuliakan nama ibunya," kata desainer yang terkenal dengan kebaya modifikasinya itu. Anne Avantie pun berpesan kepada anak-anak muda, khususnya perempuan, untuk selalu menghormati ibu sebagai salah satu kunci sukses kehidupan.



Simak Video "Anne Avantie Putuskan Pensiun Bikin Kebaya untuk Puteri Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)