Inspiratif, Anne Avantie Jadi Barbie Role Model Indonesia Pertama di Dunia

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 01 Jun 2021 17:36 WIB
Barbie Anne Avantie Barbie Anne Avantie Foto: Dok. Anne Avantie/Mattel
Jakarta -

Sudah tak diragukan lagi bahwa Anne Avantie adalah sosok desainer berbakat sekaligus perempuan yang inspiratif. Sebagai bentuk penghargaan atas kontribusinya, Mattel menciptakan secara khusus sebuah Barbie dalam wujud Anne Avantie.

Barbie Anne Avantie merupakan edisi spesial karena disebut sebagai 'One of A Kind' (OOAK), alias hanya ada satu di dunia.

Kehadiran Barbie Anne Avantie ini menjadi bagian dari kampanye Barbie Role Model yang diusung oleh Mattel selaku produsen Barbie sejak 2015 untuk menginspirasi generasi muda sekaligus merayakan para perempuan hebat dari seluruh dunia.

Anne Avantie lantas menjadi perempuan Indonesia pertama yang mendapat apresiasi tersebut.

"Sempat nggak yakin dan berpikir, 'Lho siapa saya.' Di Indonesia banyak wanita-wanita hebat yang luar biasa, saya ini bukan siapa-siapa tapi semua ini sudah digariskan Tuhan bahwa saya dipilih menjadi orang Indonesia pertama yang dibuat Barbie," katanya kepada Wolipop detikcom, Selasa (1/6/2021).

Desainer yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah, ini mengatakan, proses sampai akhirnya terwujud Barbie Anne Avantie ini cukup panjang, yakni enam bulan. Dimulai dari akhir tahun lalu, ketika pihak Mattel menghubungi Anne Avantie dan memberitahu bahwa dirinya masuk dalam nominasi Barbie Role Model.

Barbie Anne AvantieBarbie Anne Avantie (Foto: Dok. Anne Avantie/Mattel)

Setelah resmi terpilih, perempuan yang telah berkarya hampir 30 tahun ini ikut dilibatkan dalam proses kreatif boneka tersebut. Ia mendampingi tim kreatif Mattel secara virtual mengingat Barbie Anne Avantie dibuat di Amerika Serikat.

"Saya minta supaya wujud saya ini apa adanya dan tanpa harus ada penambahan-penambahan yang mungkin memperindah boneka, sehingga tak menghilangkan ciri khas Anne Avantie," katanya.

Barbie tersebut muncul dalam balutan busana serba hitam yang biasa menjadi andalan Anne Avantie, terdiri dari atasan bersiluet kebaya dan celana panjang, berikut selendang batik tulis khas Pekalongan yang disampirkan dan kalung rosario. "Itu selendang asli yang difoto lalu dibuat skala kecilnya," ungkap desainer langganan para selebriti ini.


Selain busana, detail pada rambut tak luput dari perhatian. Barbie hadir dengan rambut panjang yang dikonde, sebagaimana rambut asli sang desainer. Agar benar-benar serupa, kata Anne, tim harus melakukan riset berulang kali.

Barbie Anne AvantieBarbie Anne Avantie (Foto: Dok. Anne Avantie/Mattel)

Turut menyempurnakan gayanya, sebuah bunga kamboja yang tersemat di rambut boneka tersebut. Menurut Anne Avantie, bunga kamboja melambangkan kesetiaan karena menemani manusia sejak lahir sampai di peristirahatan yang terakhir. Inilah yang menginspirasi Anne Avantie untuk menjadi sosok yang setia dan senantiasa menghiasi hari-hari banyak orang dengan kebaikan.

Meski sibuk dengan urusan desain-mendesain, melayani pesanan pelanggan loyalnya yang datang dari berbagai kalangan, Anne Avantie yang dikenal berkat desain kebaya modifikasinya tetap aktif dalam berbagai kegiatan sosial.

Ia juga mendirikan Yayasan Anne Avantie untuk menopang para kaum papah. Diberkati untuk menjadi berkat bagi orang banyak, demikian prinsip hidup yang dipegang teguh olehnya.

Saat-saat sulit seperti masa awal pandemi COVID-19 yang sempat membuat bisnisnya terpuruk pun tak menghalangi langkah Anne untuk menolong sesama. Ia bahkan menyetop produksi kebaya dan menggantinya dengan baju APD untuk disumbangkan kepada tenaga kesehatan di seluruh Indonesia.

Bagi Anne Avantie sendiri, apresiasi Barbie Role Model ini juga seperti sebuah berkah di tengah pandemi. "Saya sangat bersyukur, di masa sulit seperti ini saya dihargai oleh dunia. Saya hanya bisa mengucap syukur kepada Tuhan," katanya.


Lisa McKnight, Senior Vice President and Global Head of Barbie & Dolls, Mattel, mereka yang berhak menerima Barbie Role Model adalah sosok yang pantas menjadi panutan bagi generasi muda, khususnya anak-anak perempuan.

"Sebagai brand yang memiliki misi untuk memberikan inspirasi kepada anak perempuan, Barbie memberikan penghargaan kepada para wanita hebat di seluruh dunia yang bisa menjadi role model bagi mereka," ujar Lisa seperti dikutip Antara.

Anne Avantie pun berharap, Barbie versinya dapat menginspirasi banyak orang untuk berani bermimpi tanpa memandang kekurangan, lalu mewujudkannya dari hal kecil.

"Bagi saya pribadi, saya berangkatnya dari perempuan biasa, pendidikan rendah, SMP, nggak pernah kuliah. Kita bisa tetap menjadi perempuan Indonesia yang biasa tapi melakukan hal-hal luar biasa dan memberi pengaruh pada dunia melalui Inspirasi, karya dan cinta," katanya

Saat ini, Anne Avantie sedang menunggu kedatangan Barbie tersebut dari AS. Setibanya di Tanah Air, boneka tersebut akan diperlihatkan kepada Ibu Negara Iriana Jokowi.



Simak Video "Gaya Susi Pudjiastuti Pemotretan Batik Anne Avantie di Perahu Nelayan"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)