ADVERTISEMENT

Mengenang Virgil Abloh, Si Jenius di Balik Kesuksesan Off-White dan LV

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 29 Nov 2021 11:35 WIB
Virgil Abloh meninggal dunia. (Foto: Francois Durand/Getty Images) Virgil Abloh meninggal dunia. (Foto: Francois Durand/Getty Images)
Chicago -

Dunia fashion kehilangan salah satu talenta terbaiknya. Desainer Virgil Abloh meninggal dalam usia 41 tahun setelah berjuang melawan kanker langka selama dua tahun. Ia dikagumi berkat karya-karyanya yang selalu revolusioner dan mengubah industri fashion global.

Virgil Abloh meninggal di Chicago, Illinois, AS. Diumumkan pada Minggu (28/11/2021), kematiannya sangat mengejutkan karena tak banyak yang tahu bahwa pendiri label Off-White sakit.

Di akun Instagram pribadi Virgil Abloh, pihak keluarga menyampaikan bahwa desainer AS itu mengidap cardiac angiosarcoma, sebuah kanker langka yang tumbuh di jantung

Dalam unggahan tersebut tertulis, "Ia melawan kanker tersebut secara diam-diam sejak didiagnosis pada 2019. Sejumlah pengobatan yang tak mudah telah dijalaninya sambil mengurusi berbagai macam proyek penting di dunia fashion, seni dan budaya."

PARIS, FRANCE - FEBRUARY 28: (L-R) Designer Virgil Abloh, Gigi Hadid, Bella Hadid and Karlie Kloss during the finale of  the Off-White show as part of the Paris Fashion Week Womenswear Fall/Winter 2019/2020 on February 28, 2019 in Paris, France. (Photo by Pascal Le Segretain/Getty Images) Foto: Pascal Le Segretain/Getty Images

Sebelum meninggal, Virgil Abloh memegang sejumlah posisi penting. Selain mengurusi brand fashion yang didirikannya, Off-White, ia menjabat sebagai direktur artistik divisi busana pria Louis Vuitton.

Juli lalu, perusahaan induk Louis Vuitton, LVMH memberi Virgil Abloh sebuah peranan baru yang memungkinkannya untuk menangani 75 brand.

Desainer multitalenta ini sempat memamerkan kreasi ready to wear terbarunya untuk Louis Vuitton dan Off-White di Paris Fashion Week pada akhir Juni dan awal Juli lalu. Tak ada yang menyangka bahwa koleksi Louis Vuitton menswear Spring 2022 dan Off-White Fall 2021 itu bakal menjadi karya terakhirnya.

Pada 4 November lalu, ia sempat menunjukkan batang hidungnya di acara pembukaan pameran 'Figures of Speech' yang digelar di Qatar Museums, Doha, Qatar. Pameran tersebut memamerkan karya Virgil Abloh sebagai seorang seniman, arsitek dan desainer.

DOHA, QATAR - NOVEMBER 04: Virgil Abloh attends the opening of his exhibition Virgil Abloh pada 4 November di acara pembukaan pameran 'Figures of Speech' yang digelar di Qatar Museums, Doha, Qatar. (Foto: Getty Images for Qatar Museums/Craig Barritt)

Profil Virgil Abloh

Virgil Abloh lahir di Rockford pada 30 September 1980, dari pasangan Nee dan Eunice Abloh. Orangtua Virgil Abloh merupakan imigran asal Ghana. Seperti dikabarkan New York Times, ia tumbuh di tengah kultur hip-hop dan skateboard yang kental.

Latar belakang pendidikannya tak berkaitan dengan fashion. Ia mengenyam ilmu teknik sipil di University of Wisconsin-Madison, lalu mendapat gelar S2 arsitektur dari Illinois Institute of Technology. Namun, ilmu fashion diturunkan dari sang ibu yang seorang penjahit.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "LV Pamerkan Koleksi Terakhir Virgil Aboh Lewat 'Virgil Was Here'"
[Gambas:Video 20detik]