Semarak Floral Penuh Warna di Koleksi Disney x Barli Asmara untuk Encanto

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 24 Nov 2021 11:13 WIB
Jakarta -

Menyambut kehadiran film 'Encanto', Disney Indonesia menggandeng Barli Asmara untuk menciptakan sebuah koleksi yang terinspirasi dari karakternya. Busana penuh warna dan detail memukau menjadi buah kolaborasi ini.

'Encanto' berkisah tentang keluarga Madrigal yang menetap di sebuah rumah ajaib di daerah pegunungan Kolombia yang bernama Encanto. Setiap anggota keluarga Madrigal memiliki kekuatan spesial, kecuali Mirabel, sang tokoh utama.

Direktur Kreatif Barli Asmara, Leslie Tobing, menciptakan lima busana yang masing-masing mewakili lima karakter perempuan di film animasi tersebut.

MEET THE MADRIGALS – Walt Disney Animation Studios' Film 'Encanto' (Foto: Dok. Disney Indonesia)

"Film ini sangat menarik karena masing-masing karakter juga memiliki ciri khas yang kuat dari segi kostum," ujar Leslie saat sesi roundtable yang digelar sebelum premier 'Encanto' di XXI Plaza Senayan, Selasa (23/11/2021).

'Encanto' baru tayang di bioskop pada 24 November 2021. Meski tidak bisa menyaksikan film secara penuh untuk mendalami setiap karakter, Leslie mengaku lebih banyak mengandalkan imajinasinya.

Dari segi siluet dan detail, Leslie melihat busana Encanto memiliki kesamaan dengan DNA desain Barli Asmara yang identik dengan permainan ruffle dan ornamentasi, sehingga tidak ada tantangan berarti.

Namun diakui Leslie, waktu yang singkat sebenarnya menjadi tantangan tersendiri. Ia dan tim Barli Asmara hanya memiliki dua pekan untuk mempersiapkan koleksi berkonsep adibusana ini.

Masing-masing busana, kata Leslie, sebenarnya memiliki kesulitan tersendiri. Akan tetapi, membuat gaun yang terinspirasi dari tokoh Mirabel cukup rumit.

"Dia kan tokoh utama dan dikisahkan tidak punya kekuatan. Kami pengin menampilkan kesederhanaan, tapi jika dilihat lebih dekat very intricate," kata penggantin almarhum Barli Asmara.

Jadilah gaun biru pastel dengan rok flare yang panjang hingga menyapu lantai. Untuk detail, Leslie mengaplikasikan setidaknya 250 bordiran berbentuk kupu-kupu.

[Gambas:Instagram]



Busana yang hadir tak cuma bersiluet gaun, hadir pula jumpsuit hingga maxidress. Dalam hal warna, Leslie mengatakan koleksi ini berbeda dari biasanya.

"Baru kali ini Barli Asmara menghadirkan koleksinya yang warnanya benar-benar beragam. Sekarang ada warna yang lebih bold seperti merah dan biru. Biasanya, kalau kita bikin koleksi warna champagne, hampir semua busana sama," tambahnya.

Deretan karya tersebut dapat dinikmati para penggemar dalam sebuah pameran fotografi spesial bertajuk 'Disney's Encanto Special Exhibition: Welcome To The Family Madrigal' di Main Atrium Mall Pacific Place Jakarta, pada 20 November 2021 hingga 2 Januari 2022. Sejumlah selebriti yang digandeng dalam pemotretan tersebut antara lain Shenina Cinnamon, Beby Tsabina, Yasmin Napper, Kiara McKenna dan Ayushita.

Leslie mengatakan, saat ini belum ada rencana untuk menghadirkan versi ready to wear dari kolaborasi tersebut agar bisa digunakan oleh khalayak. "Namun, ini memotivasi kami untuk membuat busana yang lebih berwarna lagi untuk koleksi berikutnya," kata Leslie.

(dtg/dtg)