Angkat Tema Punk-Rock, Ivan Gunawan Tertantang Bikin Gaun Cruella

Daniel Ngantung - wolipop Sabtu, 22 Mei 2021 14:00 WIB
Ivan Gunawan Rancang Gaun Cruella Ivan Gunawan merancang gaun spesial untuk menyambut kehadiran film 'Cruella'. (Foto: Dok. Disney Indonesia)
Jakarta -

Untuk merayakan kehadiran film 'Cruella', Disney Indonesia berkolaborasi dengan insan mode Tanah Air. Salah satunya, desainer sekaligus presenter ternama Ivan Gunawan.

Menjadi satu-satunya desainer Indonesia yang terlibat dalam proyek spesial ini, Ivan Gunawan pun mengaku bangga.

"Apalagi, film ini sangat related dengan profesiku sebagai desainer," ujar pria 39 tahun ini saat jumpa pers virtual, Jumat (21/5/2021).

Ivan Gunawan diminta untuk merancang gaun spesial dengan inspirasi dua tokoh penting di film baru 'Cruella', yakni Estella de Vil dan The Baroness.

Dilakoni oleh aktris pemenang Oscar Emma Stone, karakter Estella dikisahkan sebagai desainer fashion muda berbakat yang terjerumus ke dalam lingkar kriminal karena terobsesi dengan bulu anjing Dalmatian sampai akhirnya dijuluki Cruella.

Emma Stone di film CruellaEmma Stone di film Cruella (Foto: Dok. Disney)

Di film berlatar London di era 1970-an tersebut, Cruella muncul dengan karakter gaya busana yang menabrakkan unsur high-fashion dengan elemen-elemen yang rebellious.

"Gaya Cruella ini sangat bertolak belakang dengan gayaku yang glamor tapi elegan. Aku pun tertantang untuk keluar dari zona nyaman," ungkap Ivan yang belajar fashion secara otodidak ini.

Ivan lantas menerjemahkan gaya Cruella ini ke dalam dua look yang glamor dengan sentuhan punk-rock. Salah satunya berupa jumpsuit berhiaskan dekorasi tulle bervolume yang diaplikasikan secara asimetris sebagai statement.

Ivan Gunawan Rancang Gaun CruellaAurra Kharisma berbalut gaun Ivan Gunawan yang terinspirasi dari Cruella (Foto: Dok. Disney Indonesia)

"Ini diambil dari salah satu koleksi masterpiece aku yang tak akan pernah dijual," jelas Ivan yang menghabiskan 30 meter tulle untuk membuatnya.

Untuk menyempurnakan look tersebut, Ivan menambahkan kacamata dengan frame berbentuk petir. Aksesori unik tersebut diciptakan oleh Rinaldy A. Yunardi.

Adapun, busana yang terinspirasi dari Baroness mewujud dalam terusan bersiluet kaftan dengan brokat keemasan nan berkilauan. Sebuah turban ikut melengkapi look ini.

Nuansa ini sejalan dengan karakter Baroness (diperankan aktris pemenang Oscar Emma Thompson) sang legenda mode yang terkenal dengan keeleganannya.

Ivan Gunawan Rancang Gaun CruellaInterpretasi Ivan Gunawan untuk sosok Baroness dalam balutan gaun glamor. (Foto: Dok. Disney Indonesia)

Waktu yang terbatas menjadi tantangan tersendiri. Ivan hanya memiliki waktu sekitar dua minggu untuk mengeksekusi busana-busana tersebut.

Belum lagi, banyak toko material yang tutup karena waktu pembuatannya hampir berbarengan dengan libur Lebaran sehingga Ivan sempat kesulitan mencari material yang dibutuhkan.

"Beruntung, karyawan saya nggak pulang kampung karena ada larangan mudik," katanya.

Karya Ivan untuk 'Cruella' akan dipakai oleh dua muse kesayangannya: Miss Grand Indonesia 2020 Aurra Kharisma untuk busana Estelle dan Miss Grand Indonesia 2021 Sophia Rogan mengenakan gaun Baroness.

Hasil kolaborasi Disney Indonesia dengan Ivan Gunawan akan ditampilkan dalam bentuk pameran yang berlangsung di Pacific Place dari 25 Mei 2021 atau sehari sebelum film 'Cruella' dirilis di Indonesia.

'Cruella' merupakan film garapan Craig Gillespie yang sebelumnya pernah menyutradarai film nomine Oscar, 'I Tonya', dan 'The Finest Hours'. Film ini juga diperkuat dengan deretan busana memukau dari desainer kostum Jenny Beavan yang pernah memenangkan Oscar berkat karyanya di film 'Mad Max: Fury Road'.

(dtg/dtg)
eLife
×
Seks Anal dari Kacamata Medis
Seks Anal dari Kacamata Medis Selengkapnya