Ridwan Kamil Rilis Jeans dari Botol Plastik Bekas, Gandeng Brand Lokal

Yudha Maulana - wolipop Rabu, 29 Sep 2021 21:00 WIB
Ridwan Kamil Ridwan Kamil pakai jeans dari bahan limbah plastik. Foto: Dok. Detik Bandung
Bandung -

Inovasi terus bermunculan di masa pandemi COVID-19, salah satunya jins buatan brand lokal, Bespoke Project. Uniknya, jins ini berbahan dasar daur ulang botol plastik dan dirancang oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Founder Bespoke Project Jeremy Hartono mengatakan, walau produk edisi 'Inilokal Inikolaborasi' berbahan dasar plastik tetapi tak mengurangi kenyamanan saat dipakai. Penggunaan dari bahan plastik ini pun, tuturnya, sebagai gerakan untuk penyelamatan lingkungan.

"Kandungan plastiknya itu 35%, ada plastik. Itu bahan dari daur ulang, jadi serat fiber, kemudian digabung kapas dan ditenun menjadi denim. Itu dari dari segi desain pak Emil yang arsitek," ujar Jeremy saat dihubungi detikcom, Rabu (29/9/2021).

Jeremy mengatakan, masa pandemi COVID-19 ini merupakan masa yang berat bagi semua pelaku usaha. Oleh karena itu, ia pun antusias ketika Ridwan Kamil mengajaknya berkolaborasi.

"Jadi desain warna, dan detail-detailnya itu pak gubernur yang request, warna segala rupa saya kasih opsi yang lain, pak Emil ingin seperti itu, kita eksekusi dengan konsep ini, jeansnya ada kandungan dari daur ulang limbah plastik," ujar Jeremy.

Ridwan KamilRidwan Kamil Foto: Dok. Detik Bandung

"Harapan ke depannya UMKM semakin maju, roda ekonomi kembali normal dan semakin berkembang," kata Jeremy yang merintis Bespoke Project sejak 2015 ini.

Kolaborasi ini merupakan gerakan sosial yang diinisiasi Ridwan Kamil dan pemilik brand lokal untuk sama-sama bangkit selama hantaman pandemi COVID-19 yang sempat memukul penghasilan para pelaku ekonomi kecil dan menengah. Program itu diberi nama Inilokal Inikolaborasi.

"Saya berkolaborasi mendesain jins bersama Bespoke Project untuk membantu UMKM Jawa Barat berbahan daur ulang sampah botol plastik," ujar Ridwan Kamil di Bandung, Rabu (29/9/2021).

Desain jeans tersebut memiliki tema gradasi dwiwarna dengan sentuhan pola mega mendung di bagian saku. Ia pun memamerkan produk hasil kolaborasi itu di akun media sosialnya.

"Tema desain jeans nya adalah gradasi duotone pola megamendung favorit saya. Sudah saya pakai dan sangat nyaman meskipun jenisnya celana jeans tapi tak mengganggu mobilitas saya, pokoknya enak dipakai," kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Ia pun mengajak masyarakat untuk membantu pelaku UMKM lokal dengan membeli produknya. "Ayo pada beli dan mari dukung ekonomi UMKM sambil menyelamatkan lingkungan," serunya.

Selain celana jeans ada sejumlah produk hasil kolaborasi serupa yang sudah bisa dipesan lewat marketplace atau melalui Instagram @inilokalinikolaborasi. Produk tersebut di antaranya helm, jam tangan kayu, baju muslim pria, hingga jaket. Semua produk merupakan hasil desain Ridwan Kamil bersama pemilik brand lokal.

Ridwan KamilRidwan Kamil pakai jeans dari limbah plastik. Foto: Dok. Detik Bandung

"Saya terharu produknya keren-keren, luar biasa, bukan kaleng-kaleng. Prosesnya seru. Waktu saya dosen mengkritisi dan diskusi itu bagian dari menyempurnakan produk. Jadi saya senang karena mengingatkan saya kepada jati diri saya sebagai desainer," ujarnya.

"Sehubungan Pak Presiden mendukung produk lokal, mari dukung produk lokal dan beri masukan apa yang membuat produk lokal bisa bersaing dengan produk luar. Jangan sampai orang tidak beli karena merasa kalah dengan produk luar tanpa memberi tahu, karena saya meyakini kita bisa memproduksi dengan kualitas baik," pungkas Kang Emil.



Simak Video "Cara Siswa SMP Ciamis Sambut Hari Batik Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)