Iklan Beyonce Pakai Berlian 'Afrika' Jadi Kontroversi, Ini Pembelaan Ibunya

Daniel Ngantung - wolipop Minggu, 29 Agu 2021 18:00 WIB
Beyonce dan Jay-Z Jadi Model Tiffany & Co. Beyonce dan Jay-Z membintangi iklan kampanye Tiffany & Co.. (Foto: Dok. Tiffany & Co.)
New York City -

Iklan berlian Tiffany & Co. yang dibintangi Beyonce dan Jay-Z berujung kontroversi. Tak tinggal diam, ibu Beyonce angkat suara demi membela putrinya.

Di iklan kampanye bertajuk 'About Love' itu, Beyonce menebar pesonanya dengan kalung yang dihiasi Tiffany Diamond 128.54 carat. Berlian ikonis itu ditemukan pertama kali di Pertambangan Kimberley, Afrika Selatan, pada 1877. Setahun kemudian, Charles Lewis Tiffany, pendiri Tiffany & Co., membeli berlian kuning yang memiliki 82 facet itu.


Iklan tersebut lantas menimbulkan beragam reaksi di media sosial. Rupanya tak sedikit yang mencibir karena mempermasalahkan asal-mula berlian dan menganggapnya sebagai produk hasil kolonialisme di Afrika.

"Ini bukan berlian sembarangan, tapi berlian yang digali dengan darah orang-orang Afrika Selatan. Jika gagal memenuhi kuota, tangan mereka akan dipotong atau langsung dibunuh," tulis seorang netizen di Twitter.

Keterlibatan Beyonce di iklan itu pun menuai kegeraman para fans. "Beyonce tampil di kampanye Tiffany dan memakai berlian berdarah sangat tidak cocok dengan citranya mengingat dia sangat vokal mendukung Afrika," kicau netizen lainnya.

Tak terima anaknya dihujani kritikan, ibu Beyonce, Tina Knowles, langsung bersuara. "Berapa banyak di antara kalian pemilik berlian sekaligus aktivis sosial? Apakah kalian mengecek dari mana berlian tersebut berasal?," tulis Tina Knowles di Instagram.

Ia lalu menambahkan, "Jadi ketika kalian bertunangan, kalian tidak punya berlian dan memakai cincin berbahan kulit. Kalian harus mengeceknya dari mana kulit tersebut berasal. Bisa saja dari negara yang bermasalah."

Beyonce dan Jay-Z Jadi Model Tiffany & Co.Beyonce dan Jay-Z membintangi iklan kampanye Tiffany & Co.. (Foto: Dok. Tiffany & Co.)

Beyonce menjadi orang keempat sekaligus wanita kulit hitam pertama yang mengenakan berlian tersebut. "Cinta merupakan berlian yang membuahkan perhiasan dan seni," ujar Beyonce dan Jay-Z di keterangan resminya, Senin (23/8/2021).


Tiga orang pertama yang pernah memakai berlian ikonis tersebut antara lain Mary Whitehouse, istri diplomat AS Edwin Sheldon Whitehouse, ikon Hollywood Audrey Hepburn, lalu Lady Gaga.

Tak disebut berapa harga berlian tersebut. Namun, saat Lady Gaga memakainya di Oscar 2019, harganya ditaksir mencapai US$ 30 juta atau Rp 430 miliar.

Beyonce sempat mengunggah foto-foto dari kampanye tersebut di Instagram. Sebuah foto memperlihatkan Jay-Z yang sedang duduk menatap tajam sang istri yang berdiri di belakang lukisan karya Jean-Michel Basquiat. Bertajuk 'Equals Pi', lukisan dari koleksi pribadi itu hadir dalam warna biru khas Tiffany & Co..

Pasangan yang menikah pada 2008 itu kompak dalam balutan busana formal. Gaun hitam polos dengan aksen backless yang seksi dari rumah mode Balmain menjadi andalan penyanyi 39 tahun itu.

Disempurnakan dengan sarung tangan panjang senada dan gaya rambut updo yang chic, gayanya pun mengingatkan pada penampilan ikonis Audrey Hepburn dengan kalung Tiffany Diamond di film 'Breakfast at Tiffany's' pada 1961.

Sementara itu, Jay-Z tampak gagah dengan tuksedo yang dihiasi manset berlian, hasil desain ulang dari bros legendaris Bird on a Rock karya Jean Schlumberger.

"Beyoncé dan Jay-Z adalah lambang dari kisah cinta modern. Sebagai merek yang selalu berdiri untuk cinta, kekuatan, dan ekspresi diri, kami tidak dapat memikirkan pasangan ikonis lain yang lebih mewakili nilai-nilai Tiffany," ungkap Wakil Presiden Divisi Produk dan Komunikasi Tiffany & Co. Alexandre Arnault.

Tiffany & Co. akan merilis kampanye tersebut secara global pada 2 September mendatang, diikuti dengan video klip Beyonce menyanyikan lagu klasik 'Moon River' dari 'Breakfast at Tiffany's' pada 15 September. Sebagai bagian dari kerja sama tersebut, Tiffany & Co. bakal menyumbang US$ 2 juta kepada Historically Black Colleges and Universities (HBCUs) yang fokus pada pendidikan anak-anak Afrika-Amerika.



Simak Video " Wujud Masker Rp 22 Miliar Bikinan Israel Berlapis Emas dan Berlian"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)