Atlet Difabel RI Berbaju Adat di Paralimpiade Tokyo, Ini Makna Keindahannya

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 25 Agu 2021 17:30 WIB
Gaya Atlet Paralimpiade Indonesia di Tokyo Penampilan wakil Indonesia di seremoni pembukaan Paralimpiade Tokyo 2020. (Foto: Instagram/@zeynmuhammad88)
Tokyo -

Keindahan baju adat Indonesia mewarnai seremoni pembukaan Paralimpiade Tokyo 2020. Busana yang membungkus tubuh para atlet difabel Tanah Air itu rupanya menyimpan makna tersendiri.

Pembukaan Paralimpiade Tokyo 2020 berlangsung di Olympic Stadium, pada Selasa (24/8/2021) malam. Lokasi yang sama juga menjadi tempat pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 bulan lalu.

Di acara ini, atlet paralimpiade dari seluruh dunia berparade sambil membawa atribut yang merepresentasikan negara masing-masing. Kontingen Indonesia sendiri tampil beda dalam balutan busana adat.

Atlet balap kursi roda Jaenal Aripin dan atlet menembak Hanik Puji Astuti yang muncul sebagai pembawa bendera Indonesia memakai baju modifikasi hasil perpaduan budaya Sumatera, Bali, Kalimantan, dan Papua.

[Gambas:Instagram]



Menurut akun Instagram National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, busana tersebut didesain oleh Rory Wardan Poesponigrat, perancang asal Solo. Ia mengusung tema 'Ratna Mutu Manikam', yang berarti sebuah nama kumpulan permata yang berkilau.

Selain Jaenal dan Hanik, busana tersebut juga menemani penampilan pendamping, Ajeng Widha Paramitha dan Purwo Adi Sanyoto.

[Gambas:Instagram]



Sementara itu, atlet lain yang ikut dalam defile tersebut bersolek dengan jaket motif batik parang yang bermakna pantang menyerang. Jaket tersebut juga dihiasi lambang Garuda Pancasila, logo Paralimpiade serta Peta Nasional Indonesia.

Paralimpiade Tokyo 2020 yang mempertandingkan 22 cabang olahraga (cabor) berlangsung hingga 5 September mendatang. Indonesia mengirimkan 23 atlet yang tersebar di beberapa cabor seperti para-badminton, para-powerlifting, para-table tennis, dan para-atletik.



Simak Video "Gaya Atlet Olimpiade Tokyo 2020 Beri Penghormatan pada One Piece"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)