Drama Koper Hilang, Miss Myanmar Menang National Costume Miss Universe 2020

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 17 Mei 2021 15:03 WIB
Miss Universe Myanmar Thuzar Wint Lwin. Miss Universe Myanmar 2020 Candy Thuzar (Foto: Instagram/@thuzar_wintlwin)
Florida -

Ajang Miss Universe 2020 bakal menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi wakil Myanmar Candy Thuzar. Betapa tidak, koper yang berisi kostum andalan untuk dipakainya di kontes kecantikan dunia tersebut hilang.

Dalam sebuah unggahan di Instagram, Candy Thuzar mengaku kopernya hilang dalam perjalanan ke negara tuan rumah, Amerika Serikat. Rasanya seperti mau bertempur di medan perang, tapi lupa membawa senjata. Namun, kejadian tersebut tak menciutkan mental Miss Myanmar. The show must go on.

Salah satu pakaian yang ada di koper hilang tersebut adalah busana untuk penilaian National Costume Miss Universe 2020. Perempuan 22 tahun ini seharusnya memakai kostum yang terinspirasi dari boneka tradisional Myanmar, 'Pyit-Tine-Htaung'.

Alih-alih, ia muncul di panggung dalam balutan busana tradisional Chin, salah satu suku di Myanmar. "Kostum nasionalku yang asli tidak bisa sampai karena beberapa alasan. Namun berkat bantuan komunitas Chin di sini, aku bisa memakai busana etnik suku Chin dan memberikan penampilan terbaikku," tulis mahasiswi sastra Inggris di University of East Yangon ini di Instagram.

Ia pun memanfaatkan momen tersebut untuk menyampaikan pesan penting kepada dunia. "Pray for Myanmar", demikian tulisan di kertas yang dibawa Candy saat beraksi di panggung National Costume Miss Universe 2020.

Myanmar memang belum sepenuhnya pulih dari konflik internal menyusul kudeta militer. Dalam video profilnya yang ditayangkan saat Top 21, Candy terlihat pernah mengikuti aksi demonstrasi untuk menentang kekuasaan militer di negaranya.

[Gambas:Instagram]



Pengalaman buruk Candy karena drama koper di Miss Universe 2020 lantas berujung bahagia. Tak disangka, baju 'dadakan' tersebut dinobatkan sebagai Best National Costume berdasarkan hasil vote terbanyak. Nama pemenang diumumkan saat malam final Miss Universe 2020 di Hard Rock Hotel, Florida, Minggu (16/5/2021) malam waktu setempat atau Senin pagi WIB.

"Terima kasih sangat kepada kalian yang telah memilih untuk National Costume. Ini bukan sekadar kostum. Ini merupakan sebuah pesan, semangat dan solidaritas," tulisnya di Instagram.


Selain kostum nasional, gaun preliminary juga hilang entah ke mana. Beruntung, ia mendapatkan gaun pengganti dari panitia. "Pengalaman ini mengajarkanku bahwa di saat terberat sekali pun, kita akan bisa melaluinya selama kita punya tekat," tulis Candy Thuzar.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Andrea Meza Cerita Momen Kemenangannya Sebagai Miss Universe 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)