Ukir Sejarah, Inilah Model 'Curvy' Asia Pertama di Sports Illustrated

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 22 Mar 2021 13:15 WIB
Yumi Nu Yumi Nu (Foto: Instagram/@_yumi_nu)
Los Angeles -

Belum pernah ada perempuan Asia dengan tubuh berisi alias curvy yang muncul di majalah Sports Illustrated. Sampai akhirnya muncullah sosok Yumi Nu.

Baru-baru ini, ia dinobatkan sebagai Sports Illustrated Swimsuit's Rookie of the Year. Blasteran Jepang-Belanda, Yumi Nu pun menjadi perempuan Asia bertubuh curvy pertama yang menyandang gelar tersebut.

Setidaknya demikian klaim Yumi Nu di salah satu unggahan Instagram-nya, Jumat (19/3/2021). "Saya sangat bangga dapat mengukir sejarah sebagai model curvy Asia pertama Sports Illustrated," tulis perempuan 24 tahun itu.

Keterangan tersebut menyertai sebuah foto dari pemotretannya bersama Sports Illustrated. Foto hasil bidikan Yu Tsai tersebut memperlihatkan Yumi Nu berpose dalam balutan two-piece swimsuit berwarna hijau zamrud. Ia tampak percaya diri meski hanya sedikit bahan yang menutupi tubuhnya.

"Bagi perempuan Asia-Amerika, banyak sekali rasa malu karena tidak merasa seksi. Menurutku sebagai model plus-size, kita harus berubah dan memperjuangkannya dengan sekuat tenaga," kata Yumi Nu.

[Gambas:Instagram]



Ia pun berharap, kehadirannya dapat menginspirasi orang lain, terutama para perempuan yang kerap merasa kurang percaya diri atau minder karena masalah fisik. "Aku selalu mengatakan pada diriku, bahwa aku cantik," tambahnya.

Selain sebagai model, Yumi Nu juga merintis karier di dunia tarik suara. Di luar itu, ia tengah mempersiapkan peluncuran sebuah label plus-size bernama Blueki yang produk-produknya diklaim ramah lingkungan.

Kepada majalah People, Yumi Nu mengaku sangat bersyukur eksistensinya bisa mendapat pengakuan. Apalagi saat isu rasialisme sedang menghangat di Amerika Serikat.

"Di tengah massa-massa kekerasan anti-Asia seperti saat ini, penting sekali bagi orang Asia untuk didengar dan didukung," katanya.

MJ Day, pemimpin redaksi Sports Illustrated edisi swimsuit mengatakan Yumi Nu dipilih karena kepribadian yang unik serta keberaniannya.

"Dia tidak mau mengikuti standar kecantikan yang ada dan tak mau disalahkan hanya karena menganggap dirinya adalah perempuan yang kuat, cantik dan sensual," ungkap MJ dalam pernyataan resminya.

[Gambas:Instagram]



Yumi Nu menambah daftar panjang perempuan di luar standar seksi tersebut yang menghiasi halaman majalah Sports Illustrated edisi pakaian renang. Adalah Robyn Lawley yang enam tahun lalu menjadi perempuan curvy paling pertama yang didapuk sebagai model majalah tersebut.

Di tahun yang sama, ada Ashley Graham yang perdana membintangi semua iklan di majalah tersebut.

(dtg/dtg)