Intimate Interview

Kenal Lebih Dekat dengan Renny Angesti, Kurator Fashion Para Selebriti

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 05 Mar 2021 11:33 WIB
Renny Angesti membagikan pengalamannya sebagai kurator fashion. Foto: Dok. pribadi Renny
Jakarta -

Kamu pernah mendengar profesi kurator fashion? Pekerjaan ini masih jarang tersorot dan belum banyak orang yang mencoba untuk mendalaminya.

Seperti apa profesi kurator fashion? Yuk kenalan dengan kurator fashion langganan artis Indonesia Renny Angesti. Renny menjelaskan panjang lebar soal profesi yang sudah digelutinya sejak lama itu.

"Profesi fashion curator adalah yang berurusan dengan fashion, style terutama dengan baju. Tetapi seorang fashion curator bisa membawa fashion itu sendiri ke lingkup yang lebih luas. Seperti halnya aksesori lain yang menunjang fashion itu sendiri," ujar Renny menjelaskan mengenai pekerjaannya.

Lebih lanjut Renny mengatakan seorang kurator fashion harus memiliki selera fashion, nalar dan insting yang kuat mengenai fashion yang dipilih dan dibawa ke dalam target pasar yang dia tuju. Selain itu fashion curator juga sebaiknya membangun hubungan dengan semua brand fashion di seluruh dunia. Dan tugas kurator fashion adalah membantu para klien memilih dan memutuskan style fashion yang tepat bagi diri pribadi mereka masing-masing.

Renny Angesti membagikan pengalamannya sebagai kurator fashion.Renny Angesti membagikan pengalamannya sebagai kurator fashion. Foto: Dok. pribadi Renny

Menurut wanita yang lahir pada 30 Desember 1980 itu seorang kurator fashion harus mengikuti tren fashion dunia dan jeli memilih fashion yang cocok untuk pasar di tanah air. Sehingga apa yang dilakukannya mampu mengubah cara pandang masyarakat terhadap fashion dan memberikan inspirasi dengan gaya yang lebih fresh dan trendy

Renny Angesti menekuni profesi kurator fashion karena berawal dari hobi belanjanya. Dia juga menyukai segala sesuatu yang berurusan dengan fashion.

"Berawal dari hobi shopping di Eropa karena size kaki yang besar 41 susah di Asia. Makanya destinasi shopping jadi beralih ke Eropa. Dari sana awal relationship dengan orang-orang penting di brand fashion Eropa terbentuk. Dan sekalian membuka pekerjaan di saat pandemik ini, saya makin mantap membuka butik di Indonesia dengan mengambil barang dari Eropa," ungkap wanita berhijab dengan gelar sarjana ekonomi itu dalam wawancara dengan Wolipop.

Kurator Fashion dengan Klien Selebriti

Renny Angesti membagikan pengalamannya sebagai kurator fashion.Renny Angesti membagikan pengalamannya sebagai kurator fashion. Foto: Dok. pribadi Renny

Renny Angesti menyebutkan jika tantangannya dalam bekerja adalah ketika berusaha untuk mendapatkan barang-barang yang rare atau langka dan limited edition. Dia berusaha mendapatkan barang edisi terbatas itu karena ingin para kliennya mendapatkan barang yang spesial dan tidak pasaran.

"Karena barang-barang branded tersebut limited edition dan tentu sudah habis lebih dahulu di Eropa dan Amerika," jelasnya.

Renny Angesti membagikan pengalamannya sebagai kurator fashion.Renny Angesti membagikan pengalamannya sebagai kurator fashion. Foto: Dok. Instagram @ren.sss.

Berkat kemampuannya sebagai kurator fashion, kini sederet selebriti tanah air telah menjadi klien Renny. Mereka di antaranya Krisdayanti, Olla Ramlan, Ririn Ekawati, Ussy Sulistyawati, Iis Dahlia dan masih banyak lagi sosialita di Indonesia lainnya.

Renny Angesti yang aktif di Instagramnya @ren.sss, juga baru saja membuka butik @renway.luxury. Butik yang berada di kawasan Tebet, Jakarta Selatan itu menjual berbagai produk branded.

"Saya memilih langsung produk dan brand yang saya datangkan langsung dari Eropa dan Amerika. Sehingga saya yakin, produk tersebut cocok dengan orang Indonesia," kata Renny mengenai barang-barang branded yang dijual di butiknya.

Ia juga menjamin keaslian produknya tersebut dan aman ketika dikirim ke pelanggan. Sejauh ini barang yang paling diminati dari butiknya adalah baju branded dan merek terkenal yang dipakai oleh selebriti dalam dan luar negeri.

(gaf/eny)