Mewah! Sandal Rp 1 Miliar Ini Terbuat dari Potongan Tas Hermes

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 09 Feb 2021 12:00 WIB
Sendal Birkinstock Sandal mewah Birkinstock yang terbuat dari potongan tas Hermes Birkin (Foto: Dok. MSCHF)
New York City -

Menjinjing tas Hermes seharga ratusan juta hingga miliaran rupiah mungkin sudah terdengar biasa. Bagaimana bila memakai tas Hermes tapi sebagai alas kaki?

Sempat jadi sorotan karena merilis 'Sneakers Yesus' yang diklaim berisi air suci, pada 2019 lalu, MSCHF kembali membuat produk yang tak biasa lagi. Kini, giliran koleksi sandal 'Birkinstock'.

Sendal BirkinstockSandal Birkinstock (Foto: Dok. MSCHF)

Sesuai namanya, sandal tersebut merupakan 'perkawinan' antara sandal Birkenstock dan tas Hermes Birkin. Namun, seperti dikabarkan New York Times, sandal tersebut bukan kolaborasi resmi antara Birkenstock dan Hermes.

Diungkapkan Daniel Greenberg, salah seorang pendiri MSCHF, ide Birkinstock ini muncul setelah tas Hermes tantenya diinjak oleh sepupunya yang memakai sandal Birkenstock kotor. "Dari kejadian tersebut, terlintas ide untuk membuat Birkinstocks," ujar Daniel.

Untuk membuat sandal ini, MSCHF yang berbasis di Brooklyn, AS, menggunakan tas Hermes Birkin asli. Setidaknya, ada empat tas Hermes baru dengan total harga mencapai Rp 1,7 triliun yang dibeli oleh MSCHFkhusus untuk proyek Birkinstocks.

Sendal BirkinstockSandal Birkinstock (Foto: Dok. MSCHF)

Adapun proses pembuatan diawali dengan mempreteli bagian Hermes Birkin sehingga menjadi potongan-potongan kecil. Kemudian potongan tersebut dipres, lalu digunting sebelum akhirnya ditempel pada rangka dan sol sandal keluaran pabrikan alas kaki asal Jerman itu.

Dengan bahan yang terbatas, sandal ini hanya bisa dibeli melalui pemesanan khusus. Harganya pun fantastis, berkisar antara US$ 34 ribu dan US$ 76 ribu atau sekitar Rp 476 juta dan Rp 1 miliar. Kabarnya, rapper Future dan penyanyi Kehlani sudah memiliki sepasang sandal mewah ini.

[Gambas:Instagram]



(dtg/dtg)