Label Fashion Rilis 'Sepatu Yesus' Seharga Rp 42 Juta Jadi Kontroversi

Hestianingsih - wolipop Jumat, 11 Okt 2019 08:41 WIB
Sneakers Jesus Shoes berisi air suci yang jadi kontroversi. Foto: Dok. MSCHF Sneakers 'Jesus Shoes' berisi air suci yang jadi kontroversi. Foto: Dok. MSCHF

Jakarta - Label fashion MSCHF merilis sneakers kontroversial yang mereka beri nama 'Jesus Shoes'. Sepatu berwarna putih dari seri Nike Air Max 97 itu diklaim menyimpan air suci dan dijual dengan harga USD 3000 atau sekitar Rp 42 juta.

Seperti dikutip dari Independent, air suci diambil langsung dari Sungai Yordania dan telah didoakan oleh seorang pendeta. Air suci tersebut pun ditempatkan pada sol bagian bawah.

Salib kecil juga disematkan pada masing-masing tali sepatu. Salib berwarna emas dengan figur Yesus di tengahnya. Terdapat pula tulisan 'MT. 14:25' pada sisi samping sepatu yang diduga sebagai referensi salah satu ayat dari Injil, Matthew 14:25.


Dirilis pada Selasa (8/10/2019), sneakers 'Jesus Shoes' habis dalam hitungan menit. Namun tidak diketahui berapa pasang sepatu yang diproduksi MSCHF untuk tipe ini.

Perlu diketahui bahwa 'Jesus Shoes' merupakan sepatu Nike yang telah dimodifikasi. Tidak ada kolaborasi resmi antara pihak MSCHF dengan brand sportswear terbesar dunia tersebut.
Label Fashion Rilis 'Sepatu Yesus' Seharga Rp 42 Juta Jadi KontroversiFoto: Dok. MSCHF

Daniel Greenberg dari MSCHF menjelaskan bahwa sneakers tersebut diciptakan sebagai bentuk sindiran terhadap produk-produk hasil kolaborasi sportswear dengan brand yang jauh dari dunia fashion. Ia mencontohkan Adidas yang bekerjasama dengan brand minuman Arizona Iced Tea, merilis sepatu terinspirasi dari varian produk teh botolan.

"Kami mau menunjukkan betapa konyolnya budaya kolaborasi yang ada sekarang ini," kata dia.

Daniel melanjutkan, "Kami membayangkan, akan seperti apa kolaborasi dengan Yesus Kristus? Saya sendiri seorang Yahudi, jadi yang saya tahu hanyalah dia bisa berjalan di atas air."


Sejumlah netizen bereaksi dengan perilisan sneakers ini. Tak sedikit yang mengritik ide tersebut telah melecehkan agama.

"Merendahkan dan kurang ajar," tulis salah satu netizen.

"Jadi. Jesus Shoes itu benar-benar ada. Mereka memasukkan air dari sungai Yordania ke sol sepatu. Aku tidak bisa berkata-kata," kritik netizen lain.

Simak Video "Gothic Abis! Sepatu-sepatu Ini Dibuat Bertemakan Horor"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)