Gucci Jual Gaun Motif Kotak-kotak untuk Pria, Netizen Bingung

Hestianingsih - wolipop Senin, 05 Okt 2020 10:01 WIB
Gucci rilis gaun motif tartan untuk pria. Gucci jual gaun mini untuk pria. Foto: Dok. Gucci
Jakarta -

Gucci mencoba mendobrak batasan gender dengan menjual gaun motif tartan untuk pria. Gaun bergaya vintage warna oranye tersebut hadir dengan aksen kerah dan pita satin pada garis pinggang.

Namun rumah mode asal Italia ini tidak menyebut produk ini sebagai gaun melainkan 'Kemeja panjang tartan smock katun'. Dalam deskripsi produk, Gucci menyebut 'kemeja' yang mirip gaun ini terinspirasi dari gaya grunge era '90-an.

Gaun untuk pria ini bisa dipadukan dengan ripped jeans dan sneakers serta beanie dan tas selempang sebagai pelengkap penampilan. Busana tersebut sebelumnya ditampilkan di runway show pada Februari 2020 untuk koleksi Fall/Winter 2020.

Gucci rilis gaun motif tartan untuk pria.Gucci rilis gaun motif tartan untuk pria. Foto: Dok. Gucci

"Produk in hadir dengan warna-warna lembut yang merefleksikan ide fluidity (kemudahan mengalir -red) yang dieksplor untuk fashion show Fall Winter 2020, melawan stereotipe beracun yang mencetak identitas gender soal maskulinitas," jelas pihak Gucci, seperti dikutip dari Daily Mail.

Kerah gaya Peter Pan yang kontras dengan warna busana dan bordiran smock di bagian depan, dihadirkan sebagai aksen untuk menambah elemen terinspirasi dari masa kanak-kanak. Ide ini selaras dengan tema utama dari koleksi tersebut.

Respons netizen pun beragam menyikapi gaun untuk pria yang dijual seharga USD 2,200 atau sekitar Rp 32 juta ini. Ada yang pro, ada pula yang kontra.

Gucci rilis gaun motif tartan untuk pria.Gucci rilis gaun motif tartan untuk pria. Foto: Dok. Gucci

"Gucci menjual gaun tartan seharga USD 2,200 dengan aksen pita satin untuk pria. 2020 apa yang telah kamu perbuat?" komentar salah satu netizen di Twitter.

"Siapapun cowok yang beli ini adalah orang yang mudah tertipu dan mereka sudah memprediksinya," cuit netizen lain.

Terlepas dari kontroversi, era Grunge di tahun '90-an memang pernah memunculkan gaya busana pria mengenakan kemeja berkerah Peter Pan yang identik dengan kesan feminin dan vintage. Misalnya saja Kurt Cobain yang pernah tampil di sebuah konser memakai kemeja hitam dengan kerah kontras warna putih beraksen renda. Mendiang musisi rock itu mengenakannya di konser Nirvana, Los Angeles, California, pada 1991.

(hst/hst)