Balenciaga Dituduh Plagiat, Mahasiswi: Mereka Tidak Pernah Minta Izin!

Hestianingsih - wolipop Senin, 27 Jul 2020 08:53 WIB
Balenciaga dituduh plagiat karya mahasiswi. Foto Balenciaga yang dituduh plagiat karya mahasiswi. Foto: Instagram/@balenciaga
Jakarta -

Balenciaga dituduh plagiat salah satu karya mahasiswa seni di Berlin, Jerman. Mahasiswa bernama Tra My Nguyen itu menuding brand asal Prancis tersebut telah mencontek karya yang merupakan proyek seni yang dibuatnya untuk studi akhir S2.

Pada Jumat (24/7/2020), Tra mengunggah kemarahannya di Instagram. Dia menceritakan kronologi plagiarisme itu dan menunjukkan beberapa bukti foto kalau Balenciaga telah mencontek hasil karyanya.

Mahasiswi Berlin University of the Arts ini menjelaskan bahwa karya yang dicontek itu dibuatnya pada 25 Juni 2019. Sementara Balenciaga mem-posting konsep foto yang menurutnya sangat mirip dengan kreasinya pada 21 Juli 2020.

Menurut Tra, sebelumnya seorang perekrut dari departemen kreatif Balenciaga sempat mengunjungi universitasnya untuk melihat-lihat karya para murid. Setelah kunjungan itu, perekrut yang diketahui bernama Isabelle tersebut menghubunginya lewat email, untuk meminta portofolio.

[Gambas:Instagram]



Tra pun memenuhi permintaannya, mengirimkan foto-foto editorial sekaligus proses pembuatan karyanya itu. Setelah itu tidak ada kabar lagi dari pihak Balenciaga.

Namun beberapa hari lalu Tra dibuat terkejut karena Balenciaga mengunggah foto yang sangat mirip dengan rancangan miliknya. Gambar motor yang ditutupi dengan berbagai baju dan kain.

"Mereka tidak pernah minta izin padaku!!!" tulis wanita asal Vietnam ini.

Selain marah karena karyanya dicontek, Tra juga tak terima tindakan Balenciaga yang dianggap telah melakukan perampasan budaya tanah kelahirannya. Menurutnya hal itu sudah sering dilakukan oleh brand yang digemari anak muda ini.

Balenciaga dituduh plagiat karya mahasiswi.Balenciaga dituduh plagiat karya mahasiswi. Foto: Instagram/@balenciaga, @tra.my1

"Aku merasa dikhianati dan sakit hati karena itu adalah bagian dari budayaku, sebuah proses artistik dan bukan semacam estetika fashion asal-asalan yang bisa kamu ambil keuntungan dari situ!" curhat Tra.

Dia pun menceritakan proses pembuatan karya tersebut mulai dari ide sampai final. Proyek tugas akhir Tra ini menggambarkan tentang budaya sepeda motor wanita di Vietnam dan bagaimana sejarah keluarganya sangat berkaitan dengan itu.

Balenciaga dituduh plagiat karya mahasiswi.Balenciaga dituduh plagiat karya mahasiswi. Foto: Instagram/@balenciaga, @tra.my1

"Berakar dari sejarah keluargaku sendiri, dari ibuku yang menjual motor ibunya agar bisa bermigrasi ke Jerman, budaya sepeda motor di Vietnam sudah menjadi fokus utama dalam karyaku selama beberapa tahun terakhir," jelasnya.

Tra pun menuntut Balenciaga agar minta maaf karena telah mencontek karyanya. Namun hingga kini baik Balenciaga maupun Creative Director Demna Gvsalia belum memberikan pernyataan maupun tanggapan terkait tuduhan plagiarisme.



Simak Video "Deretan Jaket dengan Harga Selangit"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)