Ada Plagiator Gaun Ikonis J.Lo, Versace Ambil Jalur Hukum

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 27 Nov 2019 17:35 WIB
Donatella Versace (Foto: Getty Images) Donatella Versace (Foto: Getty Images)

Milan - Gaun Versace yang membungkus tubuh Jennifer Lopez atau J.Lo di Grammy Awards 2000 viral di masanya sampai-sampai menginspirasi Google untuk membuat Google Image. Saking ikonisnya, muncul beragam versi baru dari gaun tersebut. Hanya saja, itu hasil plagiat brand lain.

Sudah mengantongi hak cipta desain gaun itu, Versace tak mau tinggal diam bila ada pihak 'nakal' yang mencontek mahakarya tersebut.


Ada Plagiat Gaun Ikonis J.Lo, Versace Ambil Jalur Hukum Gaun ikonis Versace yang dipakai Jennifer Lopez di Grammy Awards 2000. (Foto: Getty Images)

Baru-baru ini, label fashion yang didirikan oleh mendiang desainer Gianni Versace itu melayangkan gugatan kepada Fashion Nova. Merek ritel sekaligus situs belanja yang berbasis di Vernon, California, itu dituding telah 'mencuri' desain gaun Versace karya Donatella Versace itu.

Dalam gugatannya seperti dikabarkan Daily Mail, Versace setidaknya merinci lima kemiripan. Dimulai dengan motif tropikal dan bambu dalam nuansa kehijauan, lalu gaya belahan dada rendah, belahan rok yang tinggi, bros yang menyatukan dua sisi gaun, dan lengan panjang serta bahan yang menjuntai.

Bukan cuma gaun hijau itu, Versace mengklaim Fashion Nova juga meniru beberapa desainnya yang telah dipatenkan. Salah satunya motif klasik Versace yang bergaya 'Barocco'.


Koleksi Fashion Nova x Cardi BKoleksi Fashion Nova x Cardi B (Foto: Getty Images)

"Kemampuan Fashion Nova untuk menghasilkan pakaian baru begitu cepat karena keahliannya untuk meniru desain yang telah memiliki hak cipta, merek dagang dan elemen dari desainer ternama seperti Versace, lalu menjualnya seolah itu hasil karya mereka," demikian bunyi pernyataan Versace di gugatan tersebut.

Disebutkan pula, sudah ada delapan kali gugatan serupa dari desainer lain yang merasa karyanya ditiru Fashion Nova. Versace berharap, jalur hukum yang diambilnya ini dapat memberikan efek jera pada Fashion Nova sehingga tidak lagi meniru karya desainer lain demi keuntungan semata.

Fashion Nova eksis sejak 2014. Tiga tahun kemudian, perkembangannya begitu pesat. Untuk pertama kali pada 2017, perusahaan yang didirikan oleh Richard Saghian masuk dalam 10 besar pencarian Google dan langsung berada di peringkat empat. Setahun kemudian, peringkatnya naik ke nomor satu, mengalahkan Gucci dan Louis Vuitton. Di tahun yang sama, Fashion Nova juga semakin memantapkan profil bisnisnya dengan merilis koleksi kolaborasi dengan Cardi B.





Simak Video "Deretan Selebriti yang Ogah Tampil Sendiri di Red Carpet Oscar"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)