Show Perdana Balmain di Era Social Distancing, Digelar di Tengah Sungai

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 07 Jul 2020 18:49 WIB
Fashion Show Perdana Balmain di Era Social Distancing Balmain menggelar fashion show perdana saat pandemi COVID-19 di atas kapal yang menelusuri Sungai Seine, Paris, Prancis, pada Minggu (5/7/2020). (Foto: Getty Images/Pierre Suu)
Paris -

The show must go on! Meski pandemi COVID-19 belum sepenuhnya berakhir di Paris, Prancis, perhelatan Paris Haute Couture Fashion Week tetap digelar. Balmain menjadi salah satu rumah mode yang secara perdana memamerkan koleksinya di era social distancing ini.

Berpegang pada protokol kesehatan, Direktur Kreatif Balmain Olivier Rousteing mencari lokasi yang dirasa aman untuk menggelar sebuah peragaan busana.

Pilihan Olivier lantas jatuh pada sebuah kapal 'peniche' yang biasa dipakai wisatawan untuk menikmati panorama di sekitaran Sungai Seine yang tersohor itu.

Fashion Show Perdana Balmain di Era Social DistancingFashion show perdana Balmain di era Social Distancing yang digelar di atas kapal. Kapal berangkat dari sebuah dermaga di depan Menara Eiffel, Paris, Prancis. (Foto: Getty Images/Pierre Suu)


"Balmain sur Seine", demikian Olivier memberi tajuk fashion show yang sekaligus digelar untuk merayakan 75 tahun eksistensi rumah mode tersebut.

Kapal berangkat dari dermaga di depan Menara Eiffel pada pukul 19.30 waktu setempat, Minggu (5/7/2020). Hari masih terang karena musim panas membuat matahari bersinar lebih lama di Paris.

Kapal tersebut bergerak menelusuri Sungai Seine dengan 21 model yang berpose di dek paling atas. Gaun-gaun penuh warna dan motif yang mencolok menjadi sajian Balmain kali ini.

Fashion Show Perdana Balmain di Era Social Distancing( Foto: Getty Images/Pierre Suu)



Peragaan Balmain kali ini memungkinkan publik tetap dapat menikmati sajian fashion dengan aman tanpa harus berkerumun di satu tempat. Balmain juga menyiarkan secara langsung fashion show tersebut melalui akun TikTok resminya.

Acara kian meriah saat kapal melewati kolong jembatan Pont des Arts di mana 50 penari beraksi dan penyanyi Prancis Yseult menyumbangkan suara merdunya.

"Dari awal lockdown di Paris, saya ingin membuat sesuatu untuk merayakan fashion dan rasa dari sebuah kebebasan setelah lockdown selama dua setengah bulan," ungkap Olivier kepada British Vogue.

Fashion Show Perdana Balmain di Era Social DistancingFashion show perdana Balmain di era social distancing, Minggu (5/7/2020). (Foto: Getty Images/Pierre Suu)



Pria 34 tahun itu sadar bahwa Paris belum pulih total dari COVID-19. Oleh karena itu, anjuran social distancing tetap menjadi pegangannya.

"Di belakang panggung, semuanya serba berjarak. Kami memastikan ada jarak dua meter di antara para model saat di kapal," ungkap desainer telah mengepalai tim kreatif Balmain sejak 2011 itu.

Untuk inspirasi busana yang diperagakan, Olivier mengeksplor kembali arsip-arsip desain sang pendiri Balmain.

Fashion Show Perdana Balmain di Era Social DistancingDirektur Kreatif Balmain Olivier Rousteing (Foto: Getty Images/Pierre Suu)



Pierre Balmain mendirikan rumah modenya pada 1945 di tengah situasi pelik akibat Perang Dunia II. Garis desain khas Balmain, 'Jolie Mademe', disebut sebagai simbol harapan dan optimisme, bersandingan dengan tawaran 'New Look' dari Dior.

"Kita tidak sedang menghadapi sebuah perang, tapi pandemi. Fashion sedang melalui masa yang berat. Menurut saya, tidak melakukan apapun bukan solusinya, melainkan mencoba menghargai dunia yang kita tinggali dan menebarkan harapan," ungkap Olivier.



Simak Video "Mereka yang Ikut Dibikin 'Sesak Napas' Akibat Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)