Desainer Ferry Sunarto Rilis Masker Kain Batik dan Burung Garuda, Dipakai Artis

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 26 Jun 2020 14:57 WIB
Ferry Sunarto Masker kain Ferry Sunarto. Foto: Dok. Ferry Sunarto.
Jakarta -

Masker kain kini sudah menjadi kebutuhan masyarakat di era new normal. Sejumlah desainer Indonesia pun memproduksi masker kain. Salah satunya perancang busana Fery Sunarto. Seperti apa masker kainnya?

Ferry Sunarto merilis masker kain sebagai salah satu cara agar tetap produktif di masa pandemi Corona. Masker kain dianggapnya sebagia peluang agar rumah produksinya tetap berjalan.

"Pandemi ini mempengaruhi semua lini usaha. Tetapi kita tidak boleh patah semangat. Dalam situasi ini tetap ada peluang untuk mengembangkan bisnis dan tangan-tangan terampil di rumah produksi kita masih bisa bekerja. Kita harus yakin pandemi ini akan berlalu. Indonesia harus bangkit, Indonesia harus maju, didukung bangga pakai produk dalam negeri," ujar Ferry Sunarto seperti dalam rilis yang diterima oleh Wolipop.

Ferry SunartoMasker buatan Ferry Sunarto Foto: Dok. Ferry Sunarto.


Ferry membuat masker kain yang bisa digunakan bolak-balik. Anjuran social distancing yang selama ini terus digalakkan pun menjadi inspirasinya dalam mendesain masker kain. Dia membuat masker dengan potongan bahan yang terbagi menjadi beberapa bagian yang berjarak.

Desainer asal Bandung ini merancang dua koleksi masker kain yang mengangkat identitas Indonesia. Koleksi pertama adalah masker kain berwarna merah putih dengan logo Burung Garuda yang melambangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ferry secara khusus membuat logo Burung Garuda berwarna emas untuk kalangan terbatas.

Koleksi kedua adalah masker kain dengan menggunakan kain batik dalam beragam pilihan motif, mulai dari klasik hingga kontemporer. Kain batik yang digunakan merupakan hasil kerjasama dengan generasi penerus Ondomohen Batik, brand batik Jawa Timur yang berdiri sejak tahun 1952.

Ferry SunartoDarius dan Dona Agnesia memakai masker buatan Ferry Sunarto. Foto: Dok. Ferry Sunarto.



"Indonesia kaya akan budaya. Batik sebagai warisan budaya Indonesia yang telah mendapatkan apresiasi dunia harus kita kembangkan bukan hanya sebagai busana, melainkan bermacam produk pendukung fashion, seperti masker. Dengan membuat masker, kami berharap dapat memberikan dampak yang positif terhadap the new normal yang selalu mewajibkan penggunaan masker sebagai protokol kesehatan," kata Ferry.

Selain membuat masker kain, Ferry juga berinovasi membuat Alat Pelindung Diri (APD) serta menggalang donasi untuk kebutuhan tenaga medis. Sekitar 30.000 APD telah disalurkan ke sejumlah rumah sakit di Jakarta dan Bandung yang menangani kasus COVID-19.

Ferry SunartoMasker Ferry Sunarto. Foto: dok. Ferry Sunarto



Koleksi masker kain batik dan kain merah putih berlogo Garuda dari Ferry Sunarto sudah dipakai oleh selebriti dan fotografer tanah air, seperti Darius Sinatrya, Dona Agnesia, Syahrini, Reino Barack, Addie MS dan Rio Motret. Ada juga tokoh pejabat publik yang memakai masker rancangannya yaitu Komjen. Pol. Condro Kirono, Komisaris Pertamina, Duta Besar Republik Indonesia untuk Rusia dan Belarus, M. Wahid Supriyadi dan Triawan Munaf, Komisaris Utama Garuda Indonesia

Desainer yang pernah memperkenalkan kebaya di negara Rusia ini berharap dalam situasi pandemi, muncul kesadaran dari masyarakat untuk menjalani anjuran pemerintah agar selalu memakai masker di tempat umum, menjaga jarak, dan mencuci tangan. "Dengan kesadaran ini, kita bersama menopang Indonesia agar segera bangkit dari pandemi di tanah air yang kita cintai. Roda ekonomi akan kembali pulih jika kita semua sadar mengikuti imbauan Pemerintah," pungkasnya.

Ferry SunartoRio Motret memakai masker batik buatan Ferry Sunarto. Foto: Dok. Ferry Sunarto


Simak Video "Tren Masker Premium di Masa New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)