7 Cara Merawat Jeans agar Tahan Lama dan Warna Tidak Cepat Pudar

Hestianingsih - wolipop Jumat, 19 Jun 2020 14:52 WIB
DUBAI, UNITED ARAB EMIRATES - OCTOBER 31: A model walks the runway at the Roni Helou and Hazem Kais show during the FFWD October Edition 2019 at the Dubai Design District on October 31, 2019 in Dubai, United Arab Emirates. (Photo by Stuart C. Wilson/Getty Images for FFWD) Ilustrasi cara merawat jeans. Foto: iStock
Jakarta -

Merawat jeans perlu perhatian khusus agar awet dipakai dalam waktu lama dan warnanya tidak pudar. Banyak cara merawat jeans yang dipercaya orang seperti tidak mencucinya selama berbulan-bulan hingga dimasukkan ke dalam freezer untuk membunuh bakteri pada bahan denim.

Ada pula perdebatan tentang mencuci celana jeans. Beberapa menyebut cara mencuci celana jeans bisa dengan garam. Ada pula yang bilang cara mencuci celana jeans adalah pakai cuka.

Entah mana yang benar, yang jelas merawat jeans agar tahan lama tidak sekadar dari cara mencucinya. Tapi perawatan secara keseluruhan. Ini dia cara merawat jeans yang benar.


1. Pakai Sabun yang Lembut

Ilustrasi deterjen bayiIlustrasi deterjen bayi untuk merawat jeans agar tahan lama. Foto: Istock


Warna indigo pada jeans bisa luntur dan pudar jika dicuci menggunakan sabun yang formulanya keras. Jaga warna jeans dengan mencucinya menggunakan deterjen yang tepat.

Seperti dikutip dari situs resmi Levi Strauss, sebaiknya jangan memakai terlalu banyak deterjen dan pilih yang formulanya lembut. Mungkin kamu bisa mempertimbangkan memakai deterjen khusus pakaian bayi dan anak.

2. Cuci Jeans dengan Air Dingin

Mesin Cuci PintarIlustrasi mesin cuci. Foto: LG

Jika ingin mencuci jeans di mesin cuci maka kamu juga perlu memerhatikan temperatur air. Cara mencuci jeans di mesin cuci adalah dengan menggunakan air dingin atau air sejuk. Air dingin akan membantu memelihara warna jeans agar tidak cepat pudar.

Tapi beberapa pakar kain menyebut bahwa jeans lebih baik dicuci dengan tangan. Caranya dengan merendam dalam larutan deterjen selama 10 menit, sikat hanya pada area yang bernoda, lalu angkat dan jemur.

3. Membalikkan Bagian Dalam ke Luar

Folded Blue Jean DenimIlustrasi cara merawat jeans agar tahan lama. Foto: iStock

Cara merawat jeans selanjutnya masih berkaitan dengan metode pencucian. Jeans umumnya perlu dicuci setelah 10 kali pemakaian. Sebelum dimasukkan ke mesin cuci, balikkan bagian dalam ke luar untuk mencegah warna jeans luntur terlalu berlebihan dan menjadi pudar.

4. Keringkan Jeans dengan Benar

wanita memakai jeans ketatIlustrasi cara merawat jeans agar tahan lama. Foto: thinkstock

Jangan pernah mengeringkan jeans di mesin pengering. Menurut Levi Strauss, mesin pengering adalah musuh besar yang membuat bahan jeans lebih cepat melar dan warnanya pudar.

Cara merawat jeans yang benar adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Gantung jeans dengan penjepit dan biarkan mengering dalam bentuk aslinya.

5. Cara Menyetrika Jeans

Woman ironing laundryIlustrasi cara merawat jeans agar tahan lama. Foto: Thinkstock

Sebenarnya tidak perlu sering-sering menyetrika jeans, kecuali terlihat sangat kusut. Panas yang berlebihan bisa membuat warna jeans cepat pudar.

Jika tetap ingin melakukannya karena kusut, maka cara merawat jeans selanjutnya adalah dengan menyetrika dalam kondisi celana terbalik bagian dalam dan luarnya. Mulai denga menyetrika kantong terlebih dahulu, lalu bagian pinggang, dilanjutkan dengan bagian kaki dan hem. Tekan setiap bagian selama beberapa detik lalu gosokkan dengan gerakan perlahan sampai licin dan rapi.

6. Gantung Jeans di Lemari

Jeans Big SizeIlustrasi cara merawat jeans. Foto: Thinkstock

Tidak disarankan menyimpan jeans dengan cara dilipat karena selain bisa mengubah bentuk aslinya, juga akan terbentuk garis-garis putih yang tak diinginkan pada jeans. Setelah dicuci dan disetrika, simpan jeans memakai hanger khusus celana.

7. Selalu Baca Instruksi di Label Cara Merawat Jeans

Woman hands holding clothes label with cleaning instructions of dark blue t-shirt.Ilustrasi cara merawat jeans. Foto: iStock

Cara paling aman merawat jeans agar tahan lama adalah membaca instruksi perawatan yang tertera di label. Biasanya terdapat pada bagian dalam jeans seperti di balik pinggang atau dekat kantong. Kamu akan melihat instruksi mulai dari cara mencuci, suhu air dan petunjuk menyetrika.

Demikian tujuh cara merawat jeans agar tahan lama dan warnanya tidak cepat pudar.



Simak Video "Tips Merawat Jeans Agar Tak Cepat Rusak"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)