Tips Cuci Celana Jeans Agar Tetap Awet dari Bos Levi's

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 27 Mar 2019 14:35 WIB
Ilustrasi tips mencuci celana jeans. Foto: iStock Ilustrasi tips mencuci celana jeans. Foto: iStock

Jakarta - Celana jeans bisa dipakai bertahun-tahun selagi masih muat. Namun kadang celana itu harus dipensiunkan untuk ketika sudah terlihat usang. Jeans yang warnanya sudah memudar memang bisa merusak keseluruhan penampilan. Untuk menghindarinya, para pakar menyarankan tips mencuci celana jeans yang bisa diterapkan. Bos Levi's, Chip Bergh, sendiri mengaku tidak pernah mencuci celana jeans-nya selama 10 tahun.

Chip pertama kali mengungkap pernyataan kontroversial tersebut pada 2014. Ketika itu, pria 61 tahun tersebut mengatakan jika tidak pernah mencuci celana jeans. Ia pun memberi tips mencuci celana jeans pada orang-orang untuk tidak melakukannya agar celana denim tidak memudar dan terlihat kusam.

"Aku tahu ini akan terdengar benar-benar menjijikan. Itu tidak apa-apa aku mungkin akan terkena penyakit kulit atau lainnya. (Tapi) itu berhasil," katanya pada waktu itu kepada Fortune Magazine.

[Gambas:Instagram]

Beberapa waktu lalu Chip pun kembali mengafirmasi saran mencuci celana jeans tersebut. "Aku hampir memakai (jeans varian) 510-ku selama 10 tahun yang mana itu adalah jeans yang aku pakai saat aku membuat pernyataan (mengenai tidak pernah mencuci jeans)," kata Chip kepada CNN ketika merayakan saham Levi's yang go public di Wall Street beberapa waktu lalu. "Itu mungkin akan masuk ke dalam nisanku ketika aku mati," tambahnya.

Chip memang menyarankan agar celana jeans tidak dimasukkan ke dalam mesin cuci karena akan merusak materialnya dan membuat warnanya pudar. Namun baju yang tidak dicuci bisa membuat gatal dan kotor ketika tidak pernah dibersihkan. Untuk itu, Chip membersihkannya dengan cara di 'spot clean' atau hanya mencuci bagian yang kotor atau dicuci dengan tangan.

"Jika kamu berbicara dengan penggemar denim, mereka akan setuju bahwa kamu tidak seharusnya mencuci celana jeans (di mesin cuci). Aku membersihkan jeansku pada bagian yang kotor ketika mereka butuh dicuci. Kasus terburuknya, aku mencucinya dengan tangan. Dan aku melakukannya sendiri. Aku mencintai jeansku dan aku menjaganya dengan baik," ungkap Chip.
(ami/ami)