Rilis 3 Tahun Lalu, Face Shield Rinaldy Yunardi Jadi Tren karena Corona

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 28 Apr 2020 18:33 WIB
fashion show Rinaldy A Yunardi Aksesori bergaya face shield yang ditampilkan di fashion show Rinaldy Yunardi tiga tahun lalu. (Foto: Mohammad Abduh/Wolipop)
Jakarta -

Menjadi seorang desainer mode bukan hanya soal keahlian merancang pakaian atau aksesori. Desainer setidaknya juga harus memiliki 'indra keenam' untuk memprediksikan tren yang akan terjadi pada tahun-tahun mendatang.

Akhir 2017 silam, desainer aksesori Rinaldy Yunardi mempersembahkan peragaan tunggal bertajuk 'Equilibrium' yang sekaligus digelar untuk merayakan ulang tahunnya. 'Equilibrium' sendiri bercerita tentang keseimbangan dalam kehidupan.

Menurut pria yang karyanya sudah mendunia itu, sejatinya Tuhan menciptakan segala sesuatu berimbang. Namun, belakangan alam semesta kehilangan keseimbangannya sehingga memicu bencana di sana-sini. "Ijinkan saya sebagai desainer membawa pesan bahwa tetap ada harapan di tengah ketidakseimbangan itu," kata Rinaldy kala itu saat jumpa pers sebelum peragaan.

Rinaldy YunardiRinaldy Yunardi (Foto: Moh. Abduh/Wolipop)


Di 'Equilibrium', Rinaldy yang karya-karyanya pernah dipakai Beyonce hingga Kylie Jenner menyuguhkan 47 aksesori nan dramatis dan megah sebagaimana ciri khasnya. Hiasan yang mungkin hanya cocok dipakai artis ketika beraksi di panggung atau sosialita yang ingin mencuri atensi di Instagram.

Tapi siapa sangka bila salah satu karya Rinaldy yang muncul di fashion show tiga tahun lalu itu merefleksikan tren aksesori di era virus Corona: face shield.

Aksesori yang dimaksud adalah headpiece bergaya helm futuristik nan stylish yang ditingkahi pelindung transparan berbentuk lengkungan bulan sabit yang menutupi wajah.

[Gambas:Instagram]





Karya Rinaldy tersebut baru menjadi sorotan setelah Lady Gaga memakainya untuk pemotretan majalah InStyle edisi Mei 2020. "COVID FASHION," tulis Rinaldy di Instagram baru-baru ini dengan menyertakan salah satu artikel media Prancis yang menyoroti reaksi fans tentang kemiripannya dengan face shield virus Corona.


Beberapa hari terakhir ini, face shield mulai menjadi opsi pelindung diri pilihan masyarakat di samping masker bedah atau masker kain. Tak cuma masyarakat biasa, kalangan artis Indonesia pun memakainya, bahkan saat syuting sekalipun. Face shield yang beredar di pasaran umumnya berbentuk mirip pelindung tukang las. Bedanya, bagian depan terbuat dari material transparan.

[Gambas:Instagram]





"Aku nggak nyangka aja tahun 2017 sudah berkarya face shield. Ya inilah namanya prediksi fashion ke depannya. Hehe. Aku pun kaget saat Lady Gaga pakai sebelum virus meluas," kata Rinaldy kepada Wolipop detikcom, Selasa (28/4/2020).

Pria yang belajar mendesain secara otodidak itu mengaku mulai banyak menerima pesanan aksesori serupa sejak COVID-19 mulai mewabah di Indonesia. Sayangnya, orderan tersebut tak bisa diwujudkan karena produksinya sedang terhenti menyusul pemberlakukan social distancing.

"Sudah hampir sebulan lebih off. Tentunya karena keadaan yang tidak memungkinkan untuk berproduksi. Yah demi kebaikan kita bersama, Indonesia dan dunia," ujar Rinaldy.



Simak Video "Rinaldy Yunardy Ubah Tania Nadira Jadi Ratu Semalam"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)