Wabah Virus Corona Akhirnya Memaksa MET Gala 2020 Ditunda

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 17 Mar 2020 16:12 WIB
NEW YORK, NEW YORK - MAY 06:  A view of Lady Gagas wagon at The 2019 Met Gala Celebrating Camp: Notes on Fashion at Metropolitan Museum of Art on May 06, 2019 in New York City. (Photo by Jamie McCarthy/Getty Images) Lady Gaga di MET Gala 2019 (Foto: Neilson Barnard/Getty Images)
New York City -

Senin pertama di bulan Mei selalu menjadi hari yang penuh keglamoran di The Metropolitan Museum of Art, New York City, AS. Di hari itu, MET Gala, sebuah perhelatan fashion tahunan terakbar, digelar. Namun, tidak untuk tahun ini. MET Gala 2020 terpaksa diundur karena wabah virus corona.

MET Gala 2020 yang semula dijadwalkan pada 4 Mei ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Keputusan tersebut menyusul penutupan The Metropolitan Museum of Art untuk meminimalisir penyebaran virus corona. Kamis (12/3/2020), dua staf di salah satu museum terbesar di AS tersebut positif terinfeksi virus corona.

Wabah Virus Corona Akhirnya Memaksa MET Gala 2020 DitundaRihanna mencuri atensi saat menghadiri MET Gala 2015. (Foto: Andrew H. Walker/Getty Images for Variety)



Mengikuti anjuran Centers for Disease Control and Prevention (CDC) untuk meniadakan acara perkumpulan 50 orang atau lebih selama delapan minggu ke depan, pihak Metropolitan Museum of Art menyetop semua kegiatan. "Seluruh acara sampai 15 Mei akan dibatalkan atau ditunda, termasuk MET Gala," ujar seorang bicara seperti dikutip Vogue.

Jumat lalu, panitia MET Gala sempat memastikan bahwa acara tersebut akan tetap berlangsung meksi dibayangi pandemi COVID-19. "Kami tetap mengadakan (MET Gala) sesuai rencana dan sangat menantikan malam yang indah," kata Nancy Chilton, kepala humas Costume Institute, kepada The Cut.

MET Gala digelar setiap tahun sejak 1948 untuk menggalang dan bagi Costume Institute. Ajang ini sekaligus menandai pembukaan pameran busana yang berlangsung hampir setahun di MET.

Wabah Virus Corona Akhirnya Memaksa MET Gala 2020 DitundaKaty Perry di MET Gala 2019. (Foto: Getty Images)



Sejak diambil alih oleh bos Vogue Amerika Serikat Anna Wintour, MET Gala menjadi ajang paling bergengsi di kalender fashion. Hampir semua selebriti ternama serta insan mode dunia tak melewatkan keglamoran acara yang mendapat julukan Oscar-nya fashion itu.

MET Gala 2018 sempat memicu kontroversi lantaran mengusung tema "Heavenly Bodies: Fashion and the Catholic Imagination" yang dianggap menghina agama Katolik. Tahun ini, tema yang diangkat adalah "About Time: Fashion and Duration".

Sejumlah selebriti telah diumumkan sebagai co-chair MET Gala 2020 bersama Anna Wintour. Mereka di antaranya Meryl Streep, Emma Stone, Lin-Manuel Miranda dan desainer Louis Vuitton Nicolas Ghesquiere. Berembus kabar bahwa Meghan Markle akan menghadiri acara tersebut.

Wabah Virus Corona Akhirnya Memaksa MET Gala 2020 DitundaAnna Wintour (Foto: Getty Images)



"Atas keputusan Metropolitan Museum untuk menutup pintunya, About Time dan malam pembukaan gala tidak akan digelar sesuai jadwal. Untuk sementara waktu, kami akan memperlihatkan koleksi pameran tersebut di majalah Vogue edisi Mei kami," ujar Anna Wintour.

MET Gala bukan satu-satunya acara kultur terbesar di New York City yang terdampak virus corona. Broadway, salah satu tempat hiburan terpopuler di Big Apple, terpaksa ditutup.

Di AS sendiri, tercatat 3.487 kasus virus corona per 16 Maret. Data yang diambil dari Centers for Disease Control and Prevention itu juga menyebutkan sebanyak 68 orang meninggal karena virus mematikan tersebut.



Simak Video "Intimate Wedding Jadi Tren Baru di Masa Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)