Ada Virus Corona, Gucci Hingga Prada Batalkan Fashion Show

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 09 Mar 2020 16:38 WIB
Butik Prada di London, Inggris. (Foto: John Li/Getty Images) Butik Prada di London, Inggris. (Foto: John Li/Getty Images)
New York City -

Industri fashion dunia ikut terdampak epidemi virus corona yang terjadi di hampir seluruh belahan dunia. Sejumlah rumah mode ternama dunia pun terpaksa membatalkan fashion show mereka karena virus corona.

Virus corona sebenarnya sudah membayangi sejumlah perhelatan mode terbesar di dunia beberapa pekan lalu. Milan Fashion Week edisi Fall 2020 (18 - 24 Februari) digelar ketika Italia sedang waspada virus corona.

Tamu fashion show Dolce & Gabbana di Milan Fashion Week memakai masker menyusul mewabahnya virus corona di Italia. Tamu fashion show Dolce & Gabbana di Milan Fashion Week memakai masker menyusul mewabahnya virus corona di Italia. (Foto: Vittorio Zunino Celotto/Getty Images)



Saat Milan Fashion Week berlangsung, muncul kabar sebanyak 132 orang terjangkit virus mematikan tersebut di Italia dan dua orang meninggal dunia. Per Minggu (8/3/2020), sudah 366 orang yang dikabarkan meninggal karena COVID-19 di Italia.

Sementara itu, 7.000 orang Italia positif terjangkit virus corona. Italia yang merupakan salah satu basis fashion terbesar di dunia lantas menjadi negara ketiga dengan kasus virus corona terbanyak secara global.

Melansir dari South China Morning Post Senin (9/3/2020), total kasus virus corona di seluruh dunia sudah mencapai angka 109.271. Sebanyak 3.816 orang meninggal dunia karena virus tersebut.

Dengan kondisi tersebut, tak heran bila beberapa rumah mode dunia terpaksa menunda, bahkan membatalkan presentasi busananya yang telah disiapkan dari jauh-jauh hari.


1. Ralph Lauren

Ada Virus Corona, Gucci Hingga Prada Batalkan Fashion Show Desainer Ralph Lauren (Foto: REUTERS/Andrew Kelly)

Tak seperti biasanya, Ralph Lauren absen dari jadwal New York Fashion Week baru-baru in. Pasalnya, brand yang eksis sejak 1967 itu berencana menggelar fashion show koleksi fall 2020 secara individual di kota yang sama pada April mendatang

Namun, ujung-ujungnya gelaran tersebut terpaksa dibatalkan lantaran wabah virus corona yang mendunia. "Mengingat situasi yang tak menentu karena virus corona di seluruh dunia, kami memutuskan untuk membatalkan fashion show fall 2020 sebagai langkah untuk menghormati tim, partner dan konsumen kami. Fokus kami adalah kesehatan dan keamanan mereka," ujar juru bicara Ralph Lauren seperti dilansir dari WWD.


2. Burberry

Bella Hadid di fashion show Burberry yang digelar saat London Fashion Week Fall 2020. Bella Hadid di fashion show Burberry yang digelar saat London Fashion Week Fall 2020. (Foto: Vianney Le Caer/Invision/AP)

Menyusul kesuksesan peragaan busana rutinnya di London Fashion Week pada 17 Februari lalu, Burberry sejatinya akan mementaskan presentasi koleksi fall 2020 di Shanghai, China, pada April mendatang. Namun, fashion show tersebut terpaksa mundur dari jadwal akibat virus corona. Belum ada pengumuman lebih lanjut terkait jadwal yang baru.

Sebelumnya, Burberry yang digawangi desainer Riccardo Tisci sudah cukup 'menderita' di tengah masalah virus corona. Reuters mengabarkan, nilai saham Burberry turun hingga 5 persen pada Jumat (6/3/2020). Kondisi tersebut juga diperparah dengan penutupan 24 butik Burberry di China.

Selanjutnya
Halaman
1 2