Tampilkan Model Terlalu Seksi, Iklan Brand Fashion Ini Dilarang

Kiki Oktaviani - wolipop Kamis, 05 Mar 2020 12:16 WIB
Missguided Foto: dok. Missguided
Jakarta -

Iklan brand fashion Missguided dilarang karena dinilai terlalu mengeksploitasi keseksian wanita. Dalam iklan tersebut modelnya tampil seksi dengan menunjukkan banyak kulit tubuh.

Dalam poster iklannya ditampilkan model mengenakan stocking hitam, dengan blazer yang tak dikancing. Tanpa menggunakan pakaian dalam, dada sang model pun terekspos.


Iklan yang ditampilkan di stasiun kereta sejak akhir November itu kemudian dilaporkan oleh sejumlah orangtua ke Advertising Standards Authority (ASA) atau badan periklanan di Inggris. Para orangtua melaporkan bahwa iklan tersebut terlalu menunjukkan seksualitas.

Tampilkan Model Terlalu Seksi, Iklan Brand Fashion Ini Dilarang Foto: dok. Missguided



Perusahaan fashion yang berbasis di Manchester itu mengaku bahwa iklan tersebut bukan dalam arti negatif. Justru mereka ingin memastikan bahwa koleksi busananya untuk mempromosikan pemberdayaan wanita.

Meski begitu, badan periklanan memiliki peraturan sendiri dan menurunkan iklan tersebut. "Model mengenakan blazer, tanpa menggunakan pakaian dalam, yang mengekspos dada, menggunakan stocking, dan sarung tangan. Kami menganggap bahwa model tidak menggunakan pakaian dan fokusnya ke area dada daripada pakaian yang diiklankan," ujar representatif dari ASA, seperti dikutip Metro.


Badan iklan di Inggris itu pun melihat pose si model yang dinilai terlalu sensual. Mulut yang sedikit terbuka dengan kaki yang diangkat menunjukkan sugesti seksual, dan menggiring opini bahwa wanita sebagai objek seksual. Iklan tersebut pun dinilai melanggar aturan ASA.

"Iklan ini tidak boleh muncul dalam bentuk apapun. Kami telah memberi tahu Missguided untuk tidak menggunakan iklan yang menjadikan perempuan sebagai objektifitas seksual," jelas representatif ASA.



Simak Video "Gemas! Melihat Anjing-anjing Melenggang Cantik Bak Model"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)