Begini Nasib Gaun-gaun Ratusan Juta Setelah Dipakai Artis di Red Carpet

Hestianingsih - wolipop Kamis, 20 Feb 2020 08:30 WIB
HOLLYWOOD, CA - FEBRUARY 24:  Actress Jennifer Lawrence, winner of the Best Actress award for Silver Linings Playbook, poses in the press room during the Oscars held at Loews Hollywood Hotel on February 24, 2013 in Hollywood, California.  (Photo by Jason Merritt/Getty Images) Foto: Jason Merritt/Getty Images
Jakarta -

Dalam setiap ajang penghargaan tidak hanya daftar pemenangnya saja yang membuat publik penasaran tapi juga penampilan para tamu undangan di red carpet.

Academy Awards misalnya. Red carpet Oscars selalu jadi highlight acara di samping pengumuman peraih penghargaan bergengsi itu sendiri. Maka tidak heran jika semua undangan yang datang berlomba-lomba tampil dengan gaya terbaiknya karena pasti akan menjadi sorotan dunia.

Gaun berharga puluhan hingga ratusan juta rupiah pun selalu menghiasi red carpet Oscars setiap tahunnya. Sebut saja Dior, Versace, Giorgio Armani, Marchessa hingga Chanel yang koleksinya kerap kali jadi langganan selebriti untuk acara Oscars.


Seperti diketahui bahwa biaya untuk gaun yang dikenakan para artis wanita di red carpet tidak selalu keluar dari kantong mereka sendiri. Sebagian besar selebriti melakukan barter dengan brand high-end tertentu untuk menampilkan koleksi busana mereka.

Begini Nasib Gaun-gaun Ratusan Juta Setelah Dipakai Artis di Red CarpetFoto: Getty Images


Kesepakatan ini menjadi win-win solution. Artis bisa memakai gaun mahal secara gratis, brand yang meminjamkan pun mendapat publikasi tanpa harus mengeluarkan biaya terlalu banyak.

Tapi ada pula beberapa brand yang membayar selebriti agar koleksinya bisa dipakai di acara bergengsi. Tak hanya artisnya yang mendapat bayaran, stylist pun diberi komisi.

Biasanya kerja sama ini dilakukan dengan tanda tangan kontrak. Misalnya aja Charlize Theron yang menjadi endorser untuk gaun-gaun Dior, atau Cate Blanchett yang merupakan bintang iklan Giorgio Armani.

Begini Nasib Gaun-gaun Ratusan Juta Setelah Dipakai Artis di Red CarpetFoto: Getty Images


Umumnya kontrak berisi syarat dan ketentuan kapan, berapa kali dan di acara apa saja selebriti harus mengenakan busana rancangan brand fashion tersebut. Semua baju biasanya merupakan bagian dari koleksi terbaru yang telah dipamerkan di fashion show. Namun khusus untuk selebriti, mereka akan memodifikasi secara khusus agar terlihat sedikit berbeda dari model di catwalk.

Seperti dikutip dari Brightside, biasanya desainer atau brand fashion akan mengirimkan hingga 60 busana ke selebriti dan stylist untuk mereka pilih. Persiapannya pun sudah harus dilakukan minimal tiga bulan sebelum hari H untuk jaga-jaga jika baju harus divermak atau diberi tambahan detail, dan sebagainya.


Setelah mendapat exposure secara luas karena dikenakan selebriti di Academy Awards atau Oscars, selebriti harus mengembalikannya dalam waktu 48 jam. Sangat jarang terjadi brand mau memberikan gaun-gaun mahalnya secara gratis untuk selebriti Hollywood meskipun status mereka papan atas atau istilah kerennya A-list. Sebab gaun atau busana itu terlalu mahal untuk diberikan sebagai hadiah dan selebriti pun tidak akan mau memakainya lebih dari sekali.

Begini Nasib Gaun-gaun Ratusan Juta Setelah Dipakai Artis di Red CarpetFoto: Getty Images, ist.


Apa yang terjadi dengan gaun-gaun tersebut setelah dikembalikan?

Biasanya brand akan menyimpannya karena alasan nilai sejarah. Gaun-gaun tersebut dipajang di galeri atau museum untuk diperlihatkan ke khalayak, bahwa rancangan mereka pernah dipakai selebriti legendaris.

Beberapa karya masterpiece kadang dilelang di pameran fashion atau badan pelelangan. Untuk brand fashion yang namanya belum terlalu besar, gaun-gaun itu kadang disewakan.



Simak Video "Gaya Billie Eilish yang Serba Chanel di Oscar 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)