Koleksi Batik Tulis Ini Tonjolkan Motif Dinamis untuk Anak Muda

Angga Laraspati - wolipop Jumat, 25 Okt 2019 10:45 WIB
Ki-ka: Founder Owner Batik Obate Widya Gunawan dan Wike Gunawan/Foto: Dok. Batik Obate Ki-ka: Founder Owner Batik Obate Widya Gunawan dan Wike Gunawan/Foto: Dok. Batik Obate

Jakarta - Saat ini batik identik dengan label 'orang tua' karena keberadaannya yang sudah lama di Indonesia. Namun salah satu produsen batik di Jakarta Selatan ini memiliki ciri khas motif yang disesuaikan untuk kalangan muda.

Batik tersebut diperkenalkan oleh Widya, salah satu Founder Owner dari Batik Obate. Kebiasaan menemani sang Ayah berbelanja kain batik, melahirkan pemikiran bahwa brand batik Indonesia yang ditawarkan ke konsumen belum bervariasi. Batik dengan corak dan motif yang baru dan kekinian masih belum banyak ditemukan.

Oleh karena itu, Widya bersama saudaranya Wike bersepakat untuk melakukan modifikasi motif yang merefleksikan tradisi batik akan dapat lestari dengan mengikuti zaman dan selera kekinian. Selain untuk kebutuhan fashion anak muda, apa yang dilakukan Widya dan Wike juga sebagai cara untuk melestarikan tradisi adiluhung bangsa Indonesia.

Koleksi Batik Tulis Ini Tonjolkan Motif Dinamis untuk Anak MudaPembuatan kain sutera ditenun in house dan murni semua dikerjakan oleh tangan/Foto: Dok. Batik Obate

Batik Obate didirikan pada 2015. Dalam waktu singkat batik ini pun mendapatkan hati di kalangan pelanggannya. Produksi semakin solid dan beragam, dengan batik khas yang cocok untuk generasi muda. Ciri khas dari Batik Obate adalah warna yang unik serta corak dan motifnya yang selalu baru mengikuti tren kaum muda yang dinamis.

Nama Obate sendiri diambil dari bahasa Jawa yang berarti obatnya. Maknanya adalah rumah batik ini bisa mengobati kerinduan kaum muda pada tradisi batik dan mengajak generasi muda untuk bergaya keren dan trendi dalam berbusana batik sesuai dengan kemajuan zaman.

Meski demikian, sejatinya Obate adalah singkatan dari omah batik dan tenun, gallery batik dan tenun dengan proses produksi in house guna menjaga parttern khas milik Batik Obate. Produksi Batik Obate seluruhnya menggunakan bahan-bahan terbaik dengan proses handmade yang memiliki kualitas terbaik dengan produk dan karya berdesain istimewa.

Hasil produksi kain Batik Obate dengan motif beragam mulai fauna sampai flora/Hasil produksi kain Batik Obate dengan motif beragam mulai fauna sampai flora/ Foto: Dok. Batik Obate


Bahan-bahan yang digunakan dan motif yang dirilis oleh Batik Obate sangat variatif. Berbagai bahan dari katun, tenun, hingga sutera tersedia di butik ini. Batik Obate juga menyediakan batik siap pakai maupun batik kain dengan motif yang sangat menawan bagi kaum muda.

Motif yang popular dan disukai antara lain motif bangau, naga, ayam jago, phoenix, sawunggaling, garuda, dan merak. Selain itu juga terdapat motif binatang dan tumbuhan.

Hasil Produksi Kain Batik Obate dengan motif beragam mulai dari fauna sampai dengan flora
Masing-masing motif memiliki makna filosofi yang berbeda-beda. Seperti contoh, motif garuda yang memiliki makna kekuatan, sumber kehidupan, dan kejantanan atau sifat kesatria. Ada pula motif bangau yang khusus dibuat oleh Batik Obate untuk para pelanggannya. Motif ini merupakan Batik Obate own amazing signature karena burung bangau ada di berbagai tempat di Indonesia, tetapi diangkat Batik Obate dalam motif batik. Motif ini melambangkan kedamaian, keteduhan, kesejukan, dan kebahagiaan. Warna-warna kain batik pun beraneka macam, dari yang terang sampai gelap dengan tetap mengedepankan citra kaum muda yang dinamis.

Sketching gambar desain dibuat oleh Wike (Creative Director), Chen Wen Chiu adalah nama Tionhoa dari Wike yang ada di setiap Batik Obate/Sketching gambar desain dibuat oleh Wike (Creative Director), Chen Wen Chiu adalah nama Tionghoa dari Wike yang ada di setiap Batik Obate/ Foto: Dok. Batik Obate

Semua corak, motif, dan pewarnaan tersebut diperhatikan dengan detail dalam proses produksi Batik Obate dan diawasi langsung oleh Wike yang bertanggung jawab sebagai creative director Batik Obate. Setiap produk yang dirilis oleh butik Batik Obate Indonesia juga sudah melewati quality control yang paripurna. Dan demi menghindari pembajakan, pada setiap produk yang dirilis Batik Obate terdapat nama Chen Wei Chiu.

Kalau kamu termasuk kaum muda milenial yang mengaku cinta pada batik dan senang bergaya dengan batik, ayo segera meluncur ke Batik Obate yang beralamat di Ruko Simprug Gallery Unit Blok S, Jl. Teuku Nyak Arief No. 10, Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12220. Atau bisa juga menghubungi contact phone di +6221 2923 6604 atau message di +62813 1094 6267. Kamu juga bisa mengecek update Batik Obate lewat Instagram @batikobate atau Facebook Batik Obate.

Simak Video "Uniknya Fashion Show Batik di Trotoar Banyuwangi"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/eny)