Kurangi Sampah Fashion, 3 Brand Lokal Ubah Baju Bekas Jadi Busana Baru

Hestianingsih - wolipop Kamis, 24 Okt 2019 07:48 WIB
Foto: Foto: Rachman Haryanton/Wolipop Foto: Foto: Rachman Haryanton/Wolipop

Jakarta - Tahukah kamu, fashion merupakan salah satu industri penyumbang polusi terbesar di dunia? Selain sebagian besar produksinya tidak ramah lingkungan, tren fast fashion yang muncul sejak sepuluh tahun terakhir ini, membuat sampah fashion juga menjadi yang terbesar kedua setelah minyak dan gas.

Beberapa cara untuk mencegah sampah fashion tidak terus menumpuk adalah dengan berhenti, atau setidaknya mengurangi pembelian produk-produk baru. Beralih ke gaya hidup daur ulang, dengan membeli baju bekas yang masih bagus dan layak pakai atau biasa disebut preloved.

Kurangi Sampah Fashion, 3 Brand Lokal Ubah Baju Bekas Jadi Busana BaruFoto: Foto: Rachman Haryanton/Wolipop


Pesan itulah yang ingin disampaikan Tinkerlust, sebuah platform yang menjual produk fashion preloved terkurasi di Indonesia. Tinkerlust menggandeng tiga brand lokal Alexalexa, Jenahara by Jenahara Nasution dan Sebe11as, menggelar fashion show 'A Story of Second Chances' di Jakarta Fashion Week 2020.

Ketiga brand ini diberi tantangan melakukan upcycling, yakni langkah dalam perputaran ekonomi fashion, dimana barang-barang yang sudah ada dimodifikasi dan dirancang ulang menjadi produk yang benar-benar baru dan menarik lagi. Barang preloved merupakan koleksi yang dijual di situs Tinkerlust dan beberapa di antaranya milik influencer sampai selebriti.

"Barang-barang ini didesain ulang sesuai ciri khas masing-masing desainer dan diinkorporasikan ke dalam koleksi. Sehingga tidak akan menjadi tumpukan sampah, namun dapat menjadi warna baru dalam koleksi wardrobe kita layaknya memberi kesempatan kedua bagi barang fashion tersebut," ujar Samira Shihab, CEO dan Co-Founder Tinkerlust.

"Konsep ini sangat baru di Indonesia. Rekonstruksi busananha dibikin dengan cepat tapi lumayan putar otak. Prosesnya memakan waktu 2-3 bulan," kata co-founder sekaligus desainer Sebe11as Hakim Satriyo, saat konferensi pers di fashion tent Jakarta Fashion Week, Senayan City, Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2019).

Alexalexa membuka fashion show 'A Story of Second Chances' dengan deretan busana bernuansa playful. Kemeja, rok hingga jumpsuit monokrom tampil lebih atraktif dengan tabrak motif garis dan polka dot. Brand yang berdiri sejak 2011 ini juga memadukan shirt dress dengan rok denim, crop top dan rok lipit, gaun tulle di atas jumpsuit dan summer dress serta jaket denim oversized dan rok asimetris. Hadir pula setelan blazer dan short pants atau rok linen. Sebagian besar item dipercantik dengan print maupun aksen patchwork bergambar terumbu karang warna-warni.

Kurangi Sampah Fashion, 3 Brand Lokal Ubah Baju Bekas Jadi Busana BaruFoto: Foto: Rachman Haryanton/Wolipop


Pilihan busana modest ramah lingkungan datang dari koleksi Jenahara by Jenahara Nasution. Didominasi siluet yang simpel, Jenahara menambahkan aksen-aksan atraktif seperti belt motif kotak-kotak, wrap dress dipadu t-shirt, jumpsuit dengan apron ruffle, kemeja putih dipadankan lace dress hingga puffly blouse dengan rok asimetris. Meskipun merupakan busana upcycling, masih jelas terlihat DNA rancangan Jenahara yang simpel, clean dan merupakan perpaduan antara gaya feminin-maskulin.

Menutup peragaan, Sebe11as menampilkan koleksi busana yang didominasi palet elektrik seperti biru neon, fuchsia, oranye, merah hingga biru kobalt. Hakim Satriyo dan Riyam Dayani sebagai desainer banyak menampilkan aksen serut yang memberi efek baju lebih bervolume. Padu padan tak biasa seperti coat oversized di atas gaun, ultra wide-leg pants dengan kemeja longgar atau balloon dress bisa jadi pilihan untuk mereka yang berani tampil beda dan edgy. Hadir pula jumpsuit berbahan taffeta bervolume lebar dengan aksen draperi yang berkesan futuristik.

Koleksi busana upcycling karya para desainer ini bisa dibeli di situs resmi Tinkerlust, satu minggu setelah show Jakarta Fashion Week. Sebagian hasil penjualan akan disumbangkan ke yayasan amal Sekolah Kami yang fokus pada pendidikan informal untuk pemulung dan anak-anak kurang mampu.

Simak Video "Pede Abis! Aksi Catwalk Anak Down Syndrome di JFW 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/kik)