3 Desainer Indonesia Rancang Gaun yang Terinspirasi Film Maleficent 2

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 10 Okt 2019 15:35 WIB
Foto: Maleficent (imdb) Foto: Maleficent (imdb)

Jakarta - Menyambut rilisnya film 'Maleficent: Mistress of Evil' pada 16 Oktober 2019, Disney berkolaborasi dengan tiga desainer Indonesia untuk menghadirkan busana bertema layar lebar yang dibintangi Angelia Jolie tersebut. Ketiga desainer itu adalah Albert Yanuar, Imelda Kartini dan Andreas Odang.

Albert menghadirkan gaun yang terinspirasi dari Putri Aurora di kisah Maleficent. Sedangkan Imelda Kartini membuat busana yang terinspirasi dari Queen Ingrith, dan Andreas Odang menghasilkan karya yang terinspirasi dari pemeran utama dalam film, Maleficent.

"Jadi karakter yang dipilih oleh Disney pun itu sesuai dengan rancangan kita juga gitu dan memang aku sendiri dalam mendevelop koleksi itu pasti ada unsur dreamynya dan aku sendiri tumbuh dengan mengikuti perkembangan princess-princess dari Disney juga," kata Albert Yanuar saat ditemui dalam acara Media Gathering Disney's Maleficent: Mistress of Evil Art & Fashion Exhibition di Senayan City, Jakarta Pusat pada, Kamis (10/10/2019).

3 Desainer Indonesia Rancang Gaun yang Terinspirasi Film Maleficent 2Foto: Vina Oktiani/Wolipop

Albert merancang gaun berwarna merah muda dengan tampilan sederhana yang terinspirasi dari kemurnian hati Putri Aurora. Albert mengaku tak menemui kendala dalam membuat gaun tersebut karena dia memang salah satu penggemar Disney.


Hal berbeda disampaikan desainer Andreas Odang yang merancang gaun dengan nama Dark Poetry. Gaun yang terinspirasi dari Maleficent ini berwarna hitam dengan hiasan aksesori pada bagian leher. Andreas mengaku menemui kesulitan untuk pembuatan aksesorinya.
3 Desainer Indonesia Rancang Gaun yang Terinspirasi Film Maleficent 2Foto: Vina Oktiani/Wolipop

"Yang susah sebenarnya bukan di bajunya, malah di aksesorinya karena aksesorinya harus saya fitting di model," ujar Andreas Odang.

Berbeda dari kedua desainer yang mendapatkan tokoh dengan karakter kuat dalam film Disney Maleficent seri pertama, Imelda justru mendapatkan tawaran untuk membuat gaun untuk karakter yang bisa terbilang baru, Queen Ingrith. Tentunya hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi desainer wanita lulusan Esmod Fashion College Jakarta itu.
3 Desainer Indonesia Rancang Gaun yang Terinspirasi Film Maleficent 2Foto: Vina Oktiani/Wolipop

"Kesulitannya karena dia ini karakter baru yang memang di Maleficent kedua mau diangkat. Pada Maleficent pertama nggak terlalu banyak ya karakter Queen Ingrith. Dan aku pun belum nonton karena belum premier jadi kesulitannya lebih ke karakternya dia di Maleficent kedua seperti apa aku belum tahu," kata Imelda Kartini.

Namun dalam proses pembuatan gaunnya, Imelda mengaku tidak mengalami kesulitan karena menggunakan gaun yang memang sudah pernah dibuatnya. Dia hanya mengolah dan merombaknya kembali. Proses pengerjaannya sendiri telah dilakukan oleh Imelda mulai dari 1,5 bulan lalu sejak dirinya dihubungi oleh pihak Disney untuk diajak bekerjasama.


Ketiga gaun terinspirasi film Maleficent 2 karya tiga desainer Indonesia ini nantinya akan ditampilkan kembali di Jakarta Fashion Week 2020. Dan pada perhelatan fashion terbesar di Jakarta itu, Imelda Kartini, Andreas Odang serta Albert Yanuar akan menampilkan lagi lebih banyak koleksi busana yang terinspirasi Maleficent.

Simak Video "Saat Api Menari Mengikuti Alunan Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)