Desainer Baju Michelle Obama Untuk Inaugurasi 2009 Tutup Usia

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 28 Agu 2019 11:43 WIB
Barack Obama dan Michelle saat inaugurasi pada 2009. (Foto: Getty Images) Barack Obama dan Michelle saat inaugurasi pada 2009. (Foto: Getty Images)

New York City -

Desainer Isabel Toledo mengembuskan napas terakhirnya di usia 59. Nama Isabel terkenal setelah salah satu karyanya dipakai Michelle Obama saat inaugurasi suaminya, Barack Obama, sebagai Presiden ke-44 AS pada 2009 lalu.


Kanker payudara menjadi penyebab kematian Isabel. Suaminya, Ruben Toledo, mengonfirmasi hal tersebut kepada New York Times tanpa memberikan detail lebih lanjut.

Desainer Baju Michelle Obama Untuk Inuagurasi 2009 Tutup UsiaDesainer Isabel Toledo meninggal dunia di usia 59 tahun. (Foto: Getty Images)

Lahir di Kuba, Isabel besar di Amerika Serikat. Sejak berusia 8 tahun, Isabel sudah menyenangi fashion dan belajar menjahit. "Hanya itu yang aku sukai," ungkap Isabel kepada CNN.

Bakat tersebut lalu semakin terasah ketika dirinya menimba ilmu di Fashion Institute of Technology dan Parsons School of Design. Ia juga pernah magang Costume Institute of the Metropolitan Museum of Art. Atasannya kala itu adalah Diana Vreeland, editor fashion majalah Vogue dan stylist yang sangat terkenal di masanya.

Salah satu karya Isabel yang paling menuai sorotan adalah dress hijau kekuningan dan coat hijau kekuningan senada yang membungkus tubuh Michelle Obama.

Karya Isabel Toledo yang dipakai Michelle Obama saat inaugurasi Barack pada 2009.Karya Isabel Toledo yang dipakai Michelle Obama saat inaugurasi Barack pada 2009. (Foto: Getty Images)

Busana tersebut dipakai ketika Barack Obama dilantik sebagai presiden AS pada 2009. Hari itu menjadi sangat bersejarah karena rakyat AS untuk pertama kalinya memiliki presiden keturunan Afrika-Amerika.

Suami Isabel mengaku terkejut ketika melihat Michelle menyusuri jalanan Washington D.C. dengan karya istrinya setelah pelantikan. "Kami benar-benar tidak mengiranya. Kami sempat berharap Michelle akan memakai salah satu karya Isabel karena dia cukup sering membelinya. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi," kata Ruben kepada WWD.

Pilihan Michelle untuk memakai karya Isabel sempat menuai kritikan, salah satunya datang dari Ketua Black Artist Asociation (BAA) Amnau Eele. Menurut mantan model YSL itu, Michelle seharusnya memakai rancangan desainer berkulit hitam.

Desainer Baju Michelle Obama Untuk Inuagurasi 2009 Tutup UsiaFoto: Getty Images

Selain ibu negara, penggemar baju buatan Isabel juga datang dari kalangan selebriti. Aktris Demi Moore dan Debra Messing adalah beberapa di antaranya.

Meski dikenal sebagai desainer langganan pesohor, Isabel tetap mendesain produk yang bisa dinikmati semua kalangan. Ia pun pernah menjalin kerja sama dengan Payless.

"Sebagai seorang desainer, tujuanmu adalah berkomunikasi dan memastikan karyamu ada di luar sana. Entah itu gaun, T-shirt, atau bahkan sebuah asbak," kata Isabel.





Simak Video "So Sweet! Kado Romantis Obama untuk Istri"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)