Pernah Kerja untuk Dior, Desainer Indonesia Rilis Koleksi Busana Terbaru

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 13 Feb 2019 17:04 WIB
Foto: Daniel Ngantung/Wolipop Foto: Daniel Ngantung/Wolipop

Jakarta - Genap setahun sejak debut koleksi perdananya di Tanah Air, desainer Heaven Tanudiredja kembali menyajikan karya terbarunya. Sekali lagi, busana bergaya klasik yang romantis dengan twist modern menjadi tawaran pria yang bekerja untuk Dries Van Noten dan Dior ini.

Nama Heaven memang belum terlalu santer terdengar di kancah mode Tanah Air. Wajar saja, hampir 13 tahun ia berkarya di luar negeri sebelumnya akhirnya memutuskan untuk kembali ke Tanah Air tahun lalu.


Koleksi terbaru Heaven Tanudiredja.Koleksi terbaru Heaven Tanudiredja. (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)

Karier Heaven sebagai desainer dimulai dari pengalamannya bekerja untuk Biyan Wanaatmadja saat masih berusia 16 tahun. Pada 2004, ia hijrah ke Antwerp, Belgia, untuk mengecap pendidikan di Royal Academy of Fine Arts, satu dari empat sekolah mode terbaik di dunia.

Atas bakatnya, Heaven saat kuliah sempat mendapat penghargaan Christine Mathijs Award yang membuka kesempatannya untuk bergabung dengan rumah mode perancang terkenal Dries Van Noten. Hampir tiga tahun ia bekerja untuk Dries sejak 2007.

Dari situ, ia fokus sebagai desainer aksesori. Salah satu pengalamannya adalah menjadi bagian dari orang kepercayaan John Galliano untuk mengurusi jajaran aksesori Christian Dior. Kini, sepulang 'merantau', Heaven fokus sebagai desainer busana. Bali menjadi basisnya untuk berkarya.



Pernah Kerja di Dior, Desainer Indonesia Rilis Busana Terbaru(Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)
Konsep peragaan yang digelar di Dharmawangsa Hotel, Jakarta Selatan, Selasa (12/2/2019) malam, tak berbeda jauh dari tahun sebelumnya. Sangat sederhana dan intim tanpa embel-embel panggung megah ataupun pesan sponsor yang biasa mengulur waktu peragaan saking bertele-telenya. Barisan model silih berganti berlenggang dengan latar dan lantai serba putih sehingga mempertegas pesan bahwa busana lah yang menjadi primadona dari sebuah fashion show.

Para tamu juga sebatas klien, kolega dan jurnalis mode. Tidak ketinggalan rekan sejawat Heaven sesama desainer yang hadir untuk memberi dukungan, seperti Mel Ahyar, Sapto Djojokartiko, dan Rama Dauhan. Tanpa terkecuali sang mentor, Biyan. Hadir pula aktris Asmara Abigail dan penyanyi sekaligus aktor Morgan Oey.

Malam itu, Heaven menyajikan deretan busana bergaris desain klasik dalam nafas kekinian. Selain permainan detail embellishment yang memukau, kepiawaian Heaven memadu padankan material untuk menciptakan efek yang magis menjadi daya tarik tersendiri dari koleksi ini.



Pernah Kerja di Dior, Desainer Indonesia Rilis Busana Terbaru(Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)
Gaun yang penuh detail cut-out sesekali muncul dengan jaket bergaya parka yang tekstur bahannya menyerupai plastik. Bahan tersebut juga tampil dalam bentuk celana pendek yang dipadukan dengan blus berpeplum lipit. Eksekusi Heaven dalam menyatukan dua elemen berbeda, klasik dan urban, patut diapresiasi.

Tak hanya itu, Heaven juga bermain dengan material yang menyerupai latex untuk legging ungu lavender peneman blus bervolume. Di Paris Fashion Week Haute Couture baru-baru ini, rumah mode Givenchy juga mengusung latex sebagai material utama dari koleksi busana adibusana terbarunya.

Durasi peragaan Heaven tak lebih dari 15 menit tapi cukup untuk membuktikan dirinya sebagai desainer yang tak boleh dipandang sebelah mata.

[Gambas:Instagram]

(dtg/dtg)