Keren! Gambar Mickey Mouse Berpadu Apik dengan Motif Tenun Indonesia

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 23 Okt 2018 09:00 WIB
Foto: Mohammad Abduh/Wolipop Foto: Mohammad Abduh/Wolipop

Jakarta - Koleksi buah kolaborasi Disney Indonesia dan desainer Tanah Air mewarnai hari ketiga Jakarta Fashion Week (JFW) 2019, Senin (22/10/2018). Sosok Mickey Mouse yang ceria dan optimis menjadi inspirasi utama mereka.

Peragaan kali ini sekaligus menjadi selebrasi ulang tahun ke-90 karakter kartun besutan Walt Disney dan Ubbe Iwerks itu. Mickey pertama kali muncul dalam film animasi klasik 'Steamboat Willie' yang dirilis pada 18 November 1928 silam.

Ada lima desainer dan label lokal yang digandeng Disney untuk proyek kolaborasi ini, salah satunya Didiet Maulana yang aktif mengangkat keindahan wastra Nusantara lewat label IKAT Indonesia. Di tangan Didiet, tenun khas Indonesia tampil jenaka dalam nuansa urban dengan elemen-elemen Mickey Mouse.

Keren! Gambar Mickey Mouse Berpadu Apik dengan Motif Tenun IndonesiaMickey Mouse dan motif tenun berpadu di rancangan Didiet Maulana. Foto: Mohammad Abduh

"Tantangannya adalah bagaimana mengawinkan Mickey yang merupakan ikon dunia dengan kain Indonesia tanpa menghilangkan karakter keduanya," ungkap Didiet jelang peragaan. Untuk koleksi ini, ia mengeksplor motif-motif tenun dari berbagai penjuru Indonesia yang pernah dikembangkannya. Mulai dari Kediri, Klaten, hingga berbagai daerah di Sumatera dan Sulewesi.

Pada motif-motif tenun yang dihasilkan lewat teknik printing tersebut, Didiet sesekali menyelipkan siluet kepala Mickey Mouse yang ikonis itu. Ada yang muncul dalam siluet blus, rok midi, sweater, atau aksesori seperti fanny pack yang kekinian. Selain motif tenun, Didiet juga memberi rasa khas Indonesia lewat model busana itu sendiri. Misal, rok dibuat seperti sarung yang dililit.

Di deretan busana pria, hadir satu set busana dengan kemeja dan celana pendek bermotif sama yang trendi, jaket bomber dengan ornamen berbentuk kepala Mickey dalam ukuran besar di bagian belakang.
Keren! Gambar Mickey Mouse Berpadu Apik dengan Motif Tenun IndonesiaKolaborasi Mickey Mouse dengan brand dan desainer Indonesia. Foto: Mohammad Abduh

Sebelum masuk ke proses kreatifnya, Didiet melakukan riset terlebih dahulu selama dua minggu untuk menyelami karakter Mickey Mouse. "Ternyata Mickey bukan cuma sebuah karakter kartun, tapi bisa dibilang juga sebagai simbol dari harapan dan optimisme," kata alumnus Universitas Parahyangan itu.

"Zaman dulu saya punya bonekanya dan sekarang nggak nyangka bisa mendesain untuk Mickey," tambah Didiet yang mengaku telah mengagumi Mickey sejak kecil.

Total ada 50 busana yang dirancang dan sudah tersedia di situs belanja JD.ID sejak kemarin. Namun, hanya dalam waktu 30 menit, koleksi tersebut sudah hampir terjual semuanya.

"Alhamdulillah respons dari pasar sangat positif. Untuk memenuhi permintaan, kami akan restock lagi," kata Didiet.
Keren! Gambar Mickey Mouse Berpadu Apik dengan Motif Tenun IndonesiaMinnie dan Mickey Mouse ikut memeriahkan fashion show di Jakarta Fashion Week. Foto: Mohammad Abduh

Selain Didiet, adapula label Pop.U dengan nuansa batiknya. Lalu Jenahara Nasution yang melansir deretan busana modest wear bernuansa Mickey Mouse di bawah label Suqma. Suqma pun menjadi label modest wear pertama yang berkolaborasi dengan Disney.

Ini bukan kali pertama Mickey Mouse menghiasi kain khas Indonesia. Masih dalam rangka menyambut ulang tahun ke-90, Iwan Tirta Private Collection bulan lalu memperkenalkan batik Mickey Mouse yang terinspirasi dari motif klasik gubahan maestro batik Iwan Tirta.



Tonton video: Ngobrol Asyik di JFW X Japan Fashion Week


(dng/hst)